Panda Nababan: Dukungan Jokowi ke Prabowo Hanya Basa Basi

Jakarta, KabarBerita.id — Politisi senior PDIP Panda Nababan menilai endorsement Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo Subianto hanya basa-basi belaka.

Pernyataan itu disampaikan Panda dalam merespons pertanyaan terkait endorsement Jokowi ke Prabowo jelang Pilpres 2024.

“Iya lah. Basa basi, gembira-gembira lah. Kan bikin orang gembira amal jariyah. Ya kan? Boleh dong,” kata Panda di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (22/6).

Panda juga menilai Jokowi tak akan mengkhianati PDIP dan bakal mendukung penuh Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDIP.

“Saya Haqqul Yaqin (sangat yakin) Jokowi tidak berkhianat, tidak mempunyai pikiran mendua. Tapi kalo misalnya dia mau memberikan hati memberikan apa ya namanya juga berbuat baik ya boleh-boleh aja. Tapi tidak se-ekstrim gitu loh,” ucap Panda.

Panda juga mengaku dirinya bersama Jokowi telah memproyeksikan Ganjar jauh-jauh hari untuk maju sebagai capres PDIP.

“Karena Ganjar itu produk dia, dalam arti kata ada sebagai partai, ada Megawati produknya, karena saya sendiri dengan Pak Jokowi tahun 2021, ‘sudah komplotan’ bagaimana biar Ganjar yang maju. Ini aku buka rahasia sekarang,” ujarnya.

Jokowi sebelumnya aktif diduga meng-endorse sejumlah tokoh menjadi calon presiden untuk maju di Pilpres 2024. Gesture Jokowi disebut sering mengisyaratkan dukungan kepada Prabowo sebagai capres.

Jokowi pernah menyampaikan siap mendukung apabila Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra maju sebagai capres. Lalu, Jokowi beberapa kali mengindikasikan dukungannya kepada Ganjar sebagai capres.

Jelang Pilpres 2024, Ganjar telah dideklarasikan sebagai bakal capres PDIP. Namun hingga kini belum diketahui siapa sosok cawapres yang akan mendampinginya.

Sejauh ini, Ganjar telah mengantongi dukungan dari empat partai politik. PDIP dan PPP selaku pengusung, Hanura dan Perindo sebagai partai pendukung.

Tinggalkan Balasan