Menlu AS Sindir Sikap Bullying China Saat Pidato di Universitas Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat menyindir sikap negara China yang kerap mengintimidasi negara lain. Hal itu ia sampaikan saat berpidato di Universitas Indonesia pada Selasa (14/12) pagi.

Menurutnya, agresivitas China di Indo-Pasifik  terutama di Asia Tenggara kerap membuat negara khawatir.

Ia menambahkan bahwa agresivitas China kerap mengkalim perairan terbuka sebagai miliknya. Mencabut kesepakatan dengan negara lain karena tak sepaham, hingga mendukung adanya aktivitas ilegal.

Maka dari itu Blinken menegaskan tujuannya berkunjung ke Asia Tenggara ini demi memperkuat kerjasama aliansai dan kemitraan agar mempertahankan tatanan internasional.

Karena negara lain harus memiliki hak untuk memilih jalan mereka sendiri, banyak negara di kawasan ini yang ingin perilaku China berubah, tutur Blinken.

Kedatangan Blinken ke Indonesia, Malaysia dan juga Thailand dilakukan ketika pengaruh China di Asia Tenggara terus menguat.

Meski demikian, Blinken menegaskan bahwa kawasan Indo-Pasifik termasuk Asia Tenggara bukan kompetisi antara China Centric Region atau US Centric Region.

Tinggalkan Balasan