Mengaku Pecinta Bakmi ?, Cobain Cara Menikmati Bakmi Yang Benar Ala Food blogger

Ilustrasi bakmi oleh Google
Ilustrasi bakmi oleh Google

Kabarberita.id — Mengaku pecinta bakmi ? Apa anda tau cara menikmati bakmi yang benar? Meski terdengar sedikit aneh,¬† namun cara menyantap bakmi ternyata mempengaruhi kenikmatannya.

Food blogger khusus untuk kuliner bakmi, Tirta Lie, memiliki cara tersendiri menikmati bakmi. Saat menyantap bakmi, hal pertama yang harus dicicipi adalah mi. Menurut Tirta, banyak orang yang salah ketika pertama kali menyantap bakmi.

“Kalau makan bakmi ya mi dulu yang harus dicoba. Selama ini kebalik banyak yang makan toppingnya atau mencicipi kuahnya dulu,” ujar Tirta saat ditemui dalam acara Festival Tirta Lie: 50 Bakmi Terlezat di Jakarta, Rabu (1/10).

Bakmi yang enak menurut Tirta memiliki tekstur yang kenyal dan warna yang agak mengkilap. Kini ada banyak varian mi yang bisa menjadi pilihan para pecinta bakmi mulai dari yang mengutamakan sisi kesehatan atau mengangkat menu khas tradisional.

Setelah mencicipi mi, hal kedua yang harus dicicipi adalah kuahnya. Kuah yang enak menurut Tirta yaitu memiliki tingkat kegurihan yang pas. Kuah bakmi umumnya terbuat dari kaldu ayam baik ayam negeri maupun ayam kampung. Selain itu, ada juga yang menggunakan kuah rempah.

Dan yang terakhir barulah mencicipi taburannya. Faktor tersebut menurut Tirta menjadi satu hal yang diunggulkan setiap pedagang bakmi. Jika dulu umumnya taburan bakmi didominasi oleh potongan daging ayam, kini banyak juga yang memakai potongan jamur hingga menambahkan berbagai jenis bakso dan topping renyah. Setelah mencicipi mi, hal kedua yang harus dicicipi adalah kuahnya. Kuah yang enak menurut Tirta yaitu memiliki tingkat kegurihan yang pas. Kuah bakmi umumnya terbuat dari kaldu ayam baik ayam negeri maupun ayam kampung. Selain itu, ada juga yang menggunakan kuah rempah.

Terakhir barulah mencicipi taburannya. Faktor tersebut menurut Tirta menjadi satu hal yang diunggulkan setiap pedagang bakmi. Jika dulu umumnya taburan bakmi didominasi oleh potongan daging ayam, kini banyak juga yang memakai potongan jamur hingga menambahkan berbagai jenis bakso dan topping renyah.

( Artikel ini telah diterbitkan oleh Republika.co.id dengan judul `Ini Dia Cara Menikmati Bakmi yang Tepat` )

Tinggalkan Balasan