Mahfud Undang Rocky Gerung, Ungkap Respons Jokowi

Jakarta, KabarBerita.id — Menko Polhukam Mahfud MD mengaku pernah mengundang Rocky Gerung yang kerap mengkritik keras pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo.
Mahfud pun memberi tahu Jokowi mengenai hal itu. Jokowi, kata dia, tidak keberatan.

“Rocky Gerung udah saya undang ketemu saya. Pak Jokowi tahu dan ketawa-ketawa saja,” kata Mahfud dalam podcast yang disiarkan channel Youtube Sekretariat Kabinet RI.

Mahfud mengatakan bahwa Jokowi beda dengan Soeharto yang menjadi Presiden di era Orde Baru. Jokowi tak keberatan jika menterinya bertemu dengan lawan politik pemerintah.

Beda dengan Soeharto di Era Orde Baru. Mahfud mengatakan Soeharto melarang jajarannya menemui pengkritik atau lawan politik pemerintah.

“Zaman Pak Harto dulu, oposisinya Pak Harto, menterinya enggak boleh ketemu. Harus ikut memusuhi,” ucap Mahfud.

Tak hanya Rocky Gerung, Mahfud juga mengaku bertemu dengan orang-orang lain yang kerap mengkritik Jokowi. Seperti misalnya Rizal Ramli dan Said Didu.

Semua itu ia temui dan diketahui oleh Presiden Jokowi.

Mahfud mengatakan Jokowi tak pernah alergi dengan kritik. Malah mengusulkan orang yang kritis untuk diberikan tanda kehormatan.

Mahfud menyebut Jokowi pernah mengusulkan agar Rocky Gerung diberikan Bintang Mahaputera Nararya.

“Kenapa Rocky Gerung enggak diusulkan?” ucap Mahfud menirukan Jokowi.

“Tapi engga ada dengan marah atau ngejek. Serius. Bergurau tapi enggak ngejek,” tambahnya.

Hingga kemudian, Bintang Mahaputera Nararya diberikan kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah pada Agustus 2020. Mereka diberi karena dianggap telah kritis selama menjadi pimpinan DPR periode 2014-2019.

Bintang Mahaputera Nararya diberikan kepada orang yang dianggap berjasa kepada Indonesia. Tidak selalu pejabat negara yang diberikan tanda kehormatan tersebut.

Pada 2010, Frans Mendur diberikan Bintang Mahaputera Nararya. Frans Mendur merupakan fotografer yang memotret momen Sukarno-Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pada 1994, pemerintah juga memberikan Bintang Mahaputera Nararya kepada cendekiawan Hans Bague Jassin, seorang cendekiawan.

Tinggalkan Balasan