Berita  

KJRI: Unjuk Rasa di Hongkong Hanya di Bandara, Selain Itu Aman

Jakarta, KabarBerita.id — Pelaksana Tugas Konsul Jenderal Indonesia untuk Hong Kong Mandala Sukarto Purba mengatakan sampai saat ini, selain di Bandara International Hong Kong, kondisi di kota itu baik-baik saja. Unjuk rasa baru-baru ini masih terpusat di bandara.

“Unjuk rasanya sekarang terjadi di bandara, selain di bandara daerah lain aman-aman saja,” kata Mandala, Rabu (14/8).

Hong Kong sebagai wilayah otonom berada di bawah kendali China sejak 1997. Sejak awal Juni, Hong Kong mengalami protes yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Berawal protes terhadap rancangan undang-undang ekstradisi yang dapat membawa tersangka ke China untuk diadili pengunjuk rasa memperluas tuntutan mereka. Kini pengunjuk rasa Hong Kong menuntut demokrasi yang lebih besar dari China.

Sejak pekan lalu pengunjuk rasa menduduki bandara. Kementerian Luar Negeri Indonesia pun mengeluarkan imbauan warga Indonesia untuk menunda perjalanan ke Hong Kong jika sifatnya tidak mendesak.”Masih berlaku, imbauan Konsulat Indonesia untuk keluarga WNI di Hong Kong,” kata Mandala.

Mandala mengatakan ada beberapa orang yang menghubungi KJRI. Biasanya mereka meminta informasi dan perkembangan terbaru di kota tersebut.

Mandala mengatakan demonstrasi yang terjadi selama beberapa pekan terakhir tidak terlalu banyak menganggu aktivitas konsulat. Menurutnya, para demonstran tidak mengganggu aktivitas warga kota.

“Biasanya demo besar itu diakhir pekan aja, walaupun demonstran lalu lalang di depan konsulat kami tetap buka, toko tetap buka, kalau kami demonstran tidak mengganggu, kecuali malam hari, harus dihindari,” kata Mandala.

Tinggalkan Balasan