Kenali Tanda Kucing Sakit, dari Demam hingga Tak Mau Makan

Jakarta, KabarBerita.id — Belum lama ini geger kasus kucing mati mendadak secara massal yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Peristiwa ini tentu menimbulkan kekhawatiran yang besar di tengah masyarakat yang memiliki kucing kesayangan di rumah.

Maka itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing sedang sakit guna mencegah terjadinya kemungkinan kondisi kucing yang lebih buruk berikutnya.

Dokter hewan Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa tanda awal kucing mulai sakit sering kali sulit terlihat pada kucing liar. Namun tidak pada kucing rumahan atau peliharaan yang rutinitasnya selalu terpantau oleh pemiliknya.

“Kalau kucing peliharaan itu mudah banget kita tau kalau kucing itu sakit atau enggak. Yang agak sulit kalau kucing liar, karena dia main ke sana ke sini, kucing ini harus diperhatikan dalam, mungkin 12 jam atau 24 jam,” kata Iqbal, Kamis (13/7).

Sementara pada kucing rumahan, lanjut dia, ada empat tanda jelas bahwa kucing sedang sakit. Berikut di antaranya.

1. Tak lagi aktif

Menurut Iqbal, kucing yang tak lagi aktif seperti sediakala menjadi ciri kucing sakit pertama yang perlu diwaspadai.

2. Demam

Normalnya, suhu tubuh kucing berkisar antara 37 hingga 39 derajat celcius. Apabila lebih dari itu, artinya kucing sedang mengalami demam. Seperti manusia, kucing demam menandakan sistem imunnya sedang melawan penyakit.

3. Tidak mau makan

Kucing peliharaan yang tadinya selalu lahap makan bisa tiba-tiba menolak makanan ketika sedang sakit.

4. Muncul gejala-gejala tidak biasa

“Muncul gejala-gejala seperti tidak biasanya pada kucing seperti muntah, diare, atau ada kejang. Itu sudah dipastikan kucing dalam kondisi yang sakit,” ucap dia lebih lanjut.

Itulah sejumlah tanda dan ciri-ciri kucing sakit yang perlu diketahui. Jika ada gejala yang muncul pada kucing seperti tiba-tiba kejang, muntah, atau diare, Iqbal mengatakan bahwa ada sesuatu di dalam tubuh kucing yang tidak beres yang menjadi pencetus sebuah penyakit.

Tinggalkan Balasan