Hadiri Forum Internasional, Jokowi Kritik WHO Soal Tangani Pandemi

Jakarta, KabarBerita.id — Dalam Forum Perekonomian Dunia, presiden Jokowi mengkritik peran badan kesehatan dunia WHO pada penanganan pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan krisis covid menunjukkan kerapuhan ketahanan kesehatan global. Ia menilai kerja sama internasional juga tak menyediakan solusi permanen terhadap masalah ini.

Dalam kanal youtube sekretariat presiden, Jokowi mengatakan “Kolaborasi saat ini, seperti Covax Facility, hanyalah solusi sesaat dan peranan WHO belum mencakup banyak hal strategis untuk kehidupan dunia”.

Jokowi melanjutkan, dunia butuh solusi permanen untuk menghadapi krisis kesehatan tidak terduga seperti adanya pandemi covid. Ia mengusulkan pembentukan badan kerja khusus pendanaan untuk infrastruktur kesehatan.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan badan yang mirip yakni Dana Moneter Internasional (IMF) di sektor perekonomian. Badan tersebut nantinya akan mendanai perbaikan infrastruktur kesehatan seluruh negara.

Ia juga menambahkan seharusnya negara maju tak keberatan untuk inisiatif kerja sama. Tentu G20 akan sangat berperan dalam menggerakkan pembangunan arsitektur ketahanan global pada saat ini.

Tinggalkan Balasan