Gelombang Tinggi Pantai Selatan, BPBD Cianjur Terapkan Siaga

  • Bagikan

Cianjur, KabarBerita.id — Terkait gelombang tinggi di pantai selatan wilayah Cianjur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, masih menerapkan status siaga sehingga wisatawan dan warga sekitar diharapkan menjauhi pantai.

Artiawan selaku Plt Kepala BPBD Cianjur, keselamatan nelayan dan wisatawan dapat terancam karena saat ini sedang terjadi gelombang tinggi di pesisir pantai selatan Cianjur.

Artiawan mengatakan selain menetapkan status siaga, puluhan relawan tangguh bencana telah ditempatkan sepanjang pantai yang masuk ke tiga kecamatan, Cidaun, Sindangbarang dan Agrabinta.

Ia menjelaskan keselamatan pemilik warung pinggir pantai dan puluhan rumah yang dekat dengan pantai dapat terancam lantaran tingginya gelombang dapat menyebabkan abrasi di pantai. Dalam catatan sudah belasan warung rusak dalam sebulan ini.

Dampak lain yang terjadi karena hantaman gelombang tinggi adalah puluhan perahu milik nelayan di Pantai Jayanti dan delapan perahu dilaporkan tenggelam. Gelombang dilaporkan sangat tinggi hingga mencapai 15 meter setiap harinya.

Ia menghimbau sejak jauh hari kepada nelayan dan warga sekitar serta wisatawan yang sudah dapat berkunjung ke berbagai obyek wisata, termasuk pantai selatan karena gelombang tinggi ini agar menjauhi bibir pantai.

Sementara itu Rusmana selaku pengelola objek wisata di wilayah itu yang sudah diizinkan buka menerapkan prokes ketat dan melarang wisatawan utnuk mendekat ke pantai dan berenang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan