Dokter: Semprot Disinfektan ke Seluruh Tubuh Tak Ada Manfaat

  • Bagikan
Smprotan Disenvektan

Jakarta, KabarBerita.id — Pada masa pandemi saat ini memang sangat disarankan untuk melakukan desinfeksi. Akan tetapi kita perlu mengetahui apakah desinfeksi tersebut perlu juga dilakukan pada seluruh tubuh demi pencegahan covid 19.

penularan virus Corona bisa disebabkan karena kita memegang benda yang terpapar covid 19,yang mana apabila kita menyentuh area wajah maka virus yang menempel di tangan kita akan masuk melalui mulut,hidung,atau mata.

Oleh karena itu demi basmi virus yang menempel,banyak yang menyarankan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di permukaan benda.

Akan tetapi beberapa orang meyakini bahwa dengan menyemprot tubuh dengan desinfektan juga bisa membunuh virus covid 19.Namun banyak ahli yang menyatakan bahwa hal tersebut kurang tepat.

dr Erni Juwita Nelwan,Konsultan penyakit tropik dan infeksi di RSCM, menyatakan bahwa penyemprotan desinfektan pada tubuh merupakan langkah yang tidak akan membuat Kita terbebas dari covid-19.

Erni menambahkan bahwa dengan mandi menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik agar bisa membunuh virus atau kuman yang ada di permukaan tubuh kita. Baju yang kita pakai juga dicuci supaya virus atau kuman ikut hilang.

Selain itu WHO sebelumnya pernah menyatakan pada publik untuk tidak menyemprotkan desinfektan secara langsung ke tubuh,karena dinilai bisa membahayakan dan berdampak buruk bagi kesehatan kita.Yang mana bahan alkohol atau klorin yang terkandung di dalamnya akan menjadi racun apabila terkena mulut ataupun mata.

Erni menjelaskan lebih lanjut bahwa penggunaan desinfektan untuk membunuh kuman hanya dianjurkan untuk tangan. Akan tetapi lebih baik lagi kita membersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan