Berita  

Bos NasDem Tak Setuju Mahasiswa Terus-terusan Demo

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menyarankan penolakan terhadap revisi UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK dan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) diselesaikan melalui dialog, tidak dengan aksi demonstrasi.

“NasDem berupaya sepenuhnya membangun komunikasi baik dialog atau cara apapun yang baik dengan mahasiswa,” kata Surya di Jakarta, Minggu (29/9) malam seperti dilansir Antara.

Surya mengatakan NasDem menghormati pengesahan revisi UU KPK jadi undang-undang yang diambil dalam Rapat Paripurna DPR pada 17 September lalu. Di satu sisi, pria yang juga dikenal sebaagai pengusaha media itu pun tak ingin aspirasi masyarakat, terutama dari mahasiswa tak dihormati.

Dia mengakui Partai NasDem memiliki andil atas disahkannya revisi UU KPK karena beleid itu memang disepakati seluruh fraksi untuk disahkan.”NasDem siap mengakui kesalahan jika memang pengesahan revisi UU KPK itu dianggap salah,” ujar Surya Paloh.

Namun untuk menyelesaikan perdebatan tersebut, Surya menyarankan mahasiswa menempuh uji materi atau judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK). Ia menilai proses hukum itu sebagai jalan terbaik dibandingkan turun ke jalan untuk berdemonstrasi.

Dia tidak sepakat apabila aksi turun ke jalan terus dilakukan, karena aksi demo mahasiswa sangat rentan ditunggangi pihak-pihak yang memiliki agenda terselubung.

Tinggalkan Balasan