Berita  

Biaya Haji Berpotensi Turun

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan usulan rata-rata biaya haji tahun depan senilai Rp Rp 35.235.602. Usulan ini disampaikan ke Komisi VIII DPR, kemarin. Jumlah tersebut tak mengalami kenaikan dibandingkan rata-rata biaya haji pada 2019.

“Pemerintah mengusulkan rata-rata besaran BPIH (biaya penyelenggara ibadah haji) 1441 H sebesar Rp 35.235.602,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam rapat dengar Komisi VIII, Kamis (28/11).

Ia menuturkan, biaya tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya haji tahun ini. Lebih lanjut, ia menjelaskan, besaran biaya tersebut meliputi beberapa komponen.

Menurut Menteri Agama, sebenarnya biaya penerbangan ke Saudi tahun depan lebih murah dari tahun ini, yakni sekitar Rp 28 juta dibandingkan sekitar Rp 29 juta pada tahun lalu. Sedangkan biaya hidup alias living cost tak berubah, senilai Rp 5.680.005 juta.

Jika hanya menghitung biaya tersebut, sedianya biaya haji bisa mengalami penurunan. Kendati demikan, menurut Menag, ada tambahan biaya visa tahun ini. “Untuk visa ini tambahan baru sebesar Rp 1.136.000, tapi kita masih nego dengan Pemerintah Arab Saudi,” ujar Menag.

Fachrul Razi mengatakan, jika nantinya dalam proses negosiasi berhasil, kemungkinan biaya visa akan lebih murah, bahkan bisa hilang. Dengan begitu, BPIH 2020 bisa lebih murah dibandingkan tahun 2019.

“Kemungkinan tahun depan ini Pemerintah Saudi akan mengenakan ongkos untuk membuat visa. Tapi, saat Kunjungan dubes (Arab Saudi) ke tempat saya, kita akan mencoba membujuk beliau supaya itu (biaya visa) dihilangkan saja, kelihatannya beliau juga mencoba menghilangkan,” kata Fachrul. “Itu saja (persoalan) yang paling utama.”

Tinggalkan Balasan