Benarkah Penyebab Tumbuh Rambut di Tahi Lalat Merupakan Gejala Kanker?

Jakarta, KabarBerita.id — Tahi lalat biasanya berbentuk bulat dan menonjol atau berupa bintik berwarna gelap. Akan tetapi beberapa diantaranya ada yang ditumbuhi oleh rambut.
Banyak orang yang beranggapan bahwa tahi lalat tumbuh rambut menjadi salah satu Penanda adanya kanker.
Namun benarkah demikian? Apa penyebab tumbuhnya rambut di tahi lalat?

Tahi lalat sendiri terbentuk ketika melanosit atau sel kulit berpigmen tumbuh di salah satu area tubuh. Tahi lalat umumnya muncul sebagai benjolan berwarna atau bintik yang bervariasi dalam bentuk dan ukuran.

Melansir Healthline, Ada kemungkinan rambut tumbuh pada tahi lalat yang lokasinya terletak di atas folikel rambut. Sel kulit membentuk tahi lalat yang sehat membuat rambut dapat tumbuh seperti biasa.

Jadi perlu diketahui bukan tahi lalat yang menumbuhkan rambut melainkan folikel yang berada di sekitarnya.

tidak perlu heran apabila melihat rambut yang muncul di sekitar tahi lalat. Dalam beberapa kasus rambut yang tumbuh akan terlihat lebih gelap atau tebal daripada rambut di bagian tubuh yang lain.
Hal ini terjadi karena pigmen ekstra dalam sel dapat membuat warna rambut mengelap.

Bukti lain dari ahli juga memperlihatkan bahwa tahi lalat tumbuh rambut tidak menjadi salah satu tanda umum kanker. Namun demikian sebagaimana dijelaskan di atas, adanya rambut di tahi lalat dapat mengidisaksikan kulit yang sehat.

Namun bukan berarti juga tahi lalat tidak bisa berkembang menjadi kanker. Tahi lalat yang sehat bisa berubah menjadi kanker kulit.

orang yang memiliki lebih banyak tahi lalat di tubuh akan mengalami kerusakan karena paparan sinar matahari yang beresiko mengalami kanker kulit.

Tanda awal kanker kulit biasanya bisa dilihat dari perubahan tahi lalat yang sudah ada atau munculnya tahi lalat baru. Memantau kulit secara teratur adalah cara terbaik untuk mengidentifikasikan kanker kulit.

Namun juga penting diketahui bahwa tahi lalat yang terlihat aneh tidak selalu menandakan kanker.

Tinggalkan Balasan