Baiknya Hindari Minum Kopi saat Sahur

  • Bagikan
Baiknya Hindari Minum Kopi saat Sahur

Jakarta,KabarBerita.id — Pada pagi hari banyak orang memiliki kebiasaan mengawali hari dengan mengonsumsi kopi.

Saat bulan puasa seperti sekarang ini, otomatis bagi para pecinta kopi akan mengganti waktu mengonsumsi kopi di saat sahur. Padahal kebiasaan tersebut dinilai kurang baik karena dapat mempengaruhi kesehatan.

Supaya lancar dalam menjalankan puasa kita sebaiknya memenuhi kebutuhan cairan yang tepat saat sahur. Namun ternyata,dilansir dari Egypt Independen, selama sahur kita baiknya menghindari minum air terlalu banyak karena ginjal akan membuangnya dalam beberapa jam ke depan.

Karena terbatasnya asupan cairan saat sahur, kita sebaiknya menghindari minum kopi atau minum minuman yang berkafein lainnya. Dimana sifat kafein yang diuretik dapat merangsang produksi air seni dan membuat kita menjadi sering buang air kecil.

Perbandingan minum kopi saat sahur kita dianjurkan untuk minum cairan yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh serta dapat bertahan lama di dalam perut.

Baiknya kita mengonsumsi air putih sebanyak 2 hingga 3 gelas juga melengkapi menu sahur dengan sayur serta buah yang tinggi air seperti anggur, pir,melon, timun dan lain-lain.

Tidak mudah bagi orang yang terbiasa meminum kopi saat berpuasa untuk menghilangkan atau mengubah rutinitas tersebut. Akan tetapi kita bisa mencoba untuk menggeser waktu dalam menikmati kopi. Yakni 1 hingga 2 jam setelah berbuka puasa maksimal 2 gelas saja.

Namun ternyata kita tidak meminum kopi atau minuman kafein lainnya lebih dari pukul 8 malam,karena jika melakukannya, dapat membuat kita sulit untuk tidur

Terdapat beberapa alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengganti kebiasaan minum kopi, yaknibdengan meminum asupan yang berkadar kafein lebih rendah seperti teh atau coklat.

Apabila tubuh sudah dapat beradaptasi dengan baik,ganti lagi dengan minuman hangat yang minim kafein seperti, chamomile, atau seduhan rempah-rempah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan