Berita  

Aturan Baru, Menko Bisa Veto Keputusan Menteri di Bawahnya

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengumumkan, ada kebijakan baru terkait koordinasi antarmenteri dalam sidang kemarin. “Sekarang Presiden mengatakan menko boleh memveto kebijakan menteri yang ada di bawahnya kalau ia (menteri bersangkutan) bertindak sendiri. Apalagi, sampai bertentangan dengan kebijakan presiden ataupun kebijakan kementerian lain yang sejajar,” ujar Mahfud seusai sidang kabinet.

Menurut Mahfud, Jokowi menekankan agar para menteri di Kabinet Indonesia Maju dapat saling bekerja secara tim. Ia menjelaskan, menko bertugas untuk mengawal visi Presiden agar dapat diimplementasikan oleh para menteri yang dibawahinya. Selain itu, menko juga bertugas mengoordinasikan kebijakan-kebijakan para menterinya sehingga tak saling bertentangan.

Mantan ketua MK itu pun mengaku telah berkoordinasi dengan para menteri di bawahnya. Ia yakin menteri-menteri di bawah koordinasinya akan menjalin kerja sama dan dapat bekerja bersama tim. “Tadi kita bersepakat. Pak Tito (Mendagri Tito Karnavian) dengan saya sudah bicara kita koordinasi. Kemudian Pak Prabowo (Menteri Pertahanan Prabowo Subianto) juga. Pak Prabowo tadi kita siap bertemu atau berkoordinasi,” ujar dia.



Tinggalkan Balasan