Alami Sakit Pinggang, Berikut Kebiasaan Yang Wajib Dihindari

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Nyeri yang paling umum dirasakan sebagian besar orang ialah salah satunya merasakan sakit pinggang. Hal tersebut didukung oleh studi yang menunjukkan dalam hidup 80% orang pernah mengalami sakit pinggang.

Sakit pinggang seringkali muncul akibat kebiasaan sehari-hari yang salah oleh karenanya hal tersebut dapat dicegah dengan menghindari penyebab nyeri.Berikut merupakan kebiasaan yang bisa sebabkan sakit pinggang.

1. Salah tumpuan ketika angkat beban

Ketika mengangkat beban kita seringkali salah tumpuan akibat terlalu terburu-buru.

Sebaiknya saat mengangkat beban, kita tempatkan beban dekat dengan tubuh, posisikan lutut untuk ditekuk dan gunakan kekuatan kaki, serta punggung dalam keadaan lurus dan kepala menghadap ke depan.

2. Terlalu lama duduk

Saat bekerja kita sering kali menghabiskan waktu dalam posisi duduk. Hal tersebut bisa memicu sakit pinggang karena sendi dan otot tidak banyak bekerja sehingga menjadi kaku.

Oleh karena itu untuk mencegahnya, kita harus menghindari duduk terlalu lama dengan cara sekali berdiri berjalan atau melakukan peregangan tiap 30 menit sekali.

3. Kebiasaan membungkuk

Postur tubuh dalam keadaan membungkuk juga seringkali sebabkan munculnya sakit pinggang.Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan lebih pada tulang belakang sehingga mengakibatkan munculnya nyeri.

Oleh karenanya kita harus pastikan posisi tubuh selalu tegak demi kurangi tekanan pada tulang belakang.

4. Jarang berolahraga

Sebuah studi yang menemukan bahwa olahraga bisa bantu tingkatkan stabilitas otot pinggang. Apabila kita jarang bahkan tidak pernah melakukan aktivitas olahraga maka bisa mengakibatkan munculnya sakit pinggang.

Dengan demikian bagi orang-orang yang rutin melakukan olahraga maka akan terhindar dari sakit pinggang.

5. Kurang mendapat asupan cahaya matahari

Kebiasaan tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup membuat tubuh kita kekurangan vitamin D.sehingga penyerapan kalsium dalam tubuh menjadi berkurang dan beresiko mengalami nyeri pinggang serta penyakit tulang lain.

Oleh karenanya pastikan kita cukup mendapat paparan cahaya matahari dengan cara berjemur di bawah sinar matahari dua sampai tiga kali seminggu selama 10 hingga 15 menit.

6. Merokok

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok bisa sebabkan sakit pinggang karena membatasi aliran darah ke cakram yang bertugas melindungi tulang belakang.

Tak hanya itu nikotin juga bisa menghambat degenerasi bantalan tulang belakang yang apabila hilang bisa menyebabkan munculnya rasa sakit.

Oleh karena itu kita wajib melakukan perubahan gaya hidup dengan menghindari mengkonsumsi rokok.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan