AHY Sebut Ketidakjelasan Cawapres Anies Buat Orang Tidak Optimal

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan ketidakpastian dalam penetapan nama cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 bisa membuat orang tak bekerja optimal.

AHY tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan sosok cawapres. Ia menyebut Anies telah mendapat kewenangan dari tiga partai koalisi.

“Terkait nama sudah jelas, nama cawapres disampaikan berkali-kali diserahkan kepada capres dan kita semua tahu sudah ada satu nama di kantong capres,” kata dia di kantor pusat Partai Demokrat, Jumat (11/9).

AHY menyebut kepastian merupakan barang mahal dalam hidup. Sebaliknya, kata AHY, ketidakpastian dan ketidakjelasan justru akan membuat orang tidak optimal bekerja.

“Makanya seringkali kita mengatakan bahwa ketidakpastian ketidakjelasan itu yang sering membuat orang tidak optimal,” ujarnya.

Menurut AHY, masyarakat saat ini tengah menunggu sosok cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Begitu pula masyarakat kita masyarakat menunggu sebetulnya ini bagaimana kualitas perubahan ini, kapan akan bisa dipastikan,” katanya.

AHY berharap koalisinya bisa segera melakukan kerja-kerja yang efektif dan tepat sasaran. Menurutnya, kerja-kerja itu hanya bisa dilakukan jika koalisi sudah memberi kejelasan dan kepastian.

“Di sinilah sebetulnya kami terus bekerja untuk mencari momentum-momentum yang lebih baik lagi agar itu bisa ditentukan,” katanya.

Sejumlah politikus Demokrat dalam beberapa waktu terakhir terus mendesak agar Anies segera mengumumkan cawapres. Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan menilai Anies tak harus menunggu capres dari koalisi lain membuka nama cawapresnya.

Menurutnya, Anies harus memanfaatkan waktu yang masih panjang ini untuk memperkenalkan diri bersama pasangannya ke masyarakat.

“Kita tidak bisa disamakan dengan pasangan yang lain yang memiliki infrastruktur yang cukup dibandingkan kita,” kata Syarief di Kompleks Parlemen, Selasa (8/8).

Keinginan Demokrat direspons berbeda oleh NasDem. Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh justru membuka peluang cawapres Anies akan diumumkan pada menit akhir. Paloh beralasan konstelasi politik sangat cair.

Menurutnya pengumuman cawapres di akhir masa pendaftaran bukan berarti koalisi dalam kondisi tidak solid.

“Ibarat pertandingan sepak bola internasional seperti Piala Dunia yang kawan-kawan ikuti, dua menit terakhir, bisa berubah semuanya. NasDem juga belajar itu. Jadi pengumuman cawapres Anies di akhir bukan karena koalisi tidak solid,” kata Paloh dikutip dari Detik, Senin (7/8).

Tinggalkan Balasan