Berita  

Aher: Jabar Jadi Laboratorium Islam Moderat Indonesia

Bandung, KabarBerita.id — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan Jawa Barat akan menjadi salah satu pusat pengembangan Agama Islam yang bercorak moderat, toleran, terbuka, dan berkemajuan ke penjuru dunia dengan kehadiram Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok.

“Pemprov Jawa Barat menyambut baik sekaligus mendukung penuh berdirinya kampus ini. Pemilihan Kota Depok sebagai lokasi Kampus UIII merupakan hal yang tepat,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Rabu.

Ia menuturkan Jawa Barat dinilai tepat sebagai lokasi berdirinya UUII karena kehidupan umat Islam di Jawa Barat sudah dikenal moderat, toleran terhadap keberagaman, terbuka terhadap perbedaan, pandangan kebhinekaan, serta senantiasa berorientasi pada kemajuan kehidupan duniawi dan ukkhrowi secara berkeseimbangan.

Kampus UIII di Jawa Barat, kata Aher, akan memiliki laboratorium kehidupan Islam moderat yang bercorak Indonesia. Kondisi masyarakat Islam yang menjadi mayoritas di Jawa Barat tidak terlepas dari sejarah masuknya Islam ke wilayah Jawa Barat yang berlangsung damai, serta ajarannya yang sejalan dengan nilai-nilai kesundaan.

“Kami berkeyakinan bahwa pendirian kampus ini di Kota Depok, Jawa Barat pada hakikatnya adalah kehendak Allah SWT. Yang mudah-mudahan juga menjadi isyarat dari Allah akan kemajuan yang akan diraih kampus ini,” ujar Aher.

UIII pun, kata Aher, akan memperkuat citra Jawa Barat dalam dunia pendidikan nasional maupun global, Tak heran, karena di Jawa Barat banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta berkelas dunia.

“Menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi Provinsi Jawa Barat, karena Kota Depok dipilih menjadi lokasi pembangunan Kampus UIII. Hal ini akan semakin memperkuat peranan Jawa Barat dalam sejarah percaturan dunia pendidikan Indonesia bahkan di tingkat global,” kata Aher.

Tinggalkan Balasan