3 Posisi Tidur Ini Dapat Redakan Nyeri Menstruasi

Bangun Tidur

Jakarta, KabarBerita.id — Menstruasi bagi sebagian besar wanita merupakan hal yang cukup menyiksa.

Mungkin hanya terjadi selama kurang lebih satu pekan setiap bulannya, tapi ini terkadang begitu menyakitkan hingga kehilangan selera untuk melakukan kegiatan apa pun.

Dari mulai kram perut, sakit kepala, nyeri payudara hingga pendarahan hebat adalah kombinasi yang bisa merusak pekan Anda karena menstruasi.

Dilansir Sleep Score, siklus menstruasi umumnya berlangsung dari 25 hingga 35 hari, dengan rata-rata 28 hari untuk sebagian besar wanita sehat.

Saat menstruasi terjadi sekitar 80 persen wanita mengalami gejala pramenstruasi bahkan wanita sehat mengalami kondisi yang lebih parah yang disebut gangguan disforik pramenstruasi (PMDD).

Hal ini misalnya gangguan tidur, baik hipersomnia (kantuk berlebihan) atau insomnia. Suhu tubuh malam hari yang tinggi, serta kedinginan dan berkeringat dilaporkan terjadi pada wanita dengan PMS dan PMDD yang parah juga.

Namun demikian, tak perlu khawatir karena posisi tidur tertentu ternyata bisa membantu Anda meringankan rasa nyeri saat haid dan membuat tidur lebih nyenyak.

Berikut beberapa posisi tidur yang bisa mengurangi rasa sakit saat haid.

1. Tidur meringkuk

Jika sebelumnya tidur dengan posisi tengkurap atau bahkan terlentang, bergulinglah ke samping dan selipkan lengan dan kaki Anda bak sedang meringkuk.

Posisi ini bisa menghilangkan tekanan otot perut dan merupakan posisi tidur terbaik untuk meredakan ketegangan yang dapat memperburuk kram.

2. Simpan bantal di bawah lutut

Ambil bantal bundar yang tidak terlalu tinggi, bersiaplah untuk berbaring terlentang dan letakan bantal yang tadi di bawah lutut. Pastikan kaki Anda lurus.

Kaki tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah, karena akan memengaruhi secara keseluruhan aliran darah Anda. Jika tidak memiliki bantal bundar, Anda cukup menggulung handuk dan menyimpannya di bawah lutut. Dalam beberapa menit, Anda akan merasakan otot-otot Anda rileks, dan merasa nyaman.

3. Tidur dalam child pose yoga

Young sportive girls practising together yoga positions at group session. Slim women lying resting on rubber mats doing Child Pose, calming the body, mind and spirit, stimulates the third eye pointIlustrasi child pose yoga yang bantu redakan nyeri menstruasi.

Child pose yoga bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Tak hanya itu pose ini juga bisa membantu Anda yang sering sakit kepala saat menstruasi

Tinggalkan Balasan