Berita  

Yang Dirindukan dari Sutopo, Kabar yang Menenteramkan Soal Bencana

Padang, KabarBerita.id — Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyebut bangsa Indonesia termasuk Sumbar sangat kehilangan dengan meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Menurut Nasrul, selama ini setiap kali ada bencana alam, masyarakat selalu menunggu informasi dari Sutopo karena masyarakat percaya informasi dari Sutopo akurat dan menenangkan.

“Setiap kali terjadi bencana, masyarakat kan butuh informasi yang akurat. Misal kalau ada gempa, apakah berpotensi tsunami atau tidak. Biasanya kita menunggu Pak Sutopo muncul. Jadi Pak Sutopo ini sering menenangkan situasi masyarakat yang sedang galau akan kedatangan bencana,” kata Nasrul kepada Republika, Ahad (7/7).

Nasrul mengenal Sutopo sebagai figur yang gigih, profesional dan punya dedikasi tinggi. Bahkan ketika dalam keadaan sakit, kata Nasrul Sutopo tetap berupaya memberikan informasi kebencanaan kepada masyarakat.

Selain bagi masyarakat, informasi dari Sutopo menurut Nasrul juga dinantikan oleh pihak pemberi bantuan kepada korban bencana. Karena, melalui Sutopo juga, tersalur informasi akurat tentang data korban sampai data kerusakan dan kerugian.

“Pemberi bantuan juga memerlukan informasi akurat. Berapa korban, berapa kerugian, ya dari beliau (Sutopo) ini informasi sebagai acuan,” ujar Nasrul.

Mantan Bupati Pesisir Selatan itu berharap BNPB mendapatkan pengganti yang sepadan dengan sosok Sutopo karena Indonesia secara umum merupakan daerah rawan bencana. Sehingga, sangat diperlukan sosok yang cepat tanggap dan menenangkan seperti Sutopo. Nasrul mendoakan agar tokoh asal Boyolali Jawa Tengah itu mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan menerima ujian dengan penuh kesabaran.

Tinggalkan Balasan