Warga Sebut Ada Belasan Pekerja Perempuan Berusia 15 Tahun Dipabrik Petasan yang Terbakar

  • Bagikan
Kebakaran terjadi di Kompleks Pergudangan 99, Jalan Salembaran Jaya, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Kamis (26/10/2017), dan mnewaskan sekitar 20 orang.

Kabar Berita.id, Lukas Bonai, saksi kebakaran gudang pabrik petasan dan kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang mengatakan bahwa produktifitas pabrik terus meningkat sebelum terjadinya kebakaran pada Kamis (26/10/2017).

Bahkan, sejak beroperasi tiga bulan lalu, pabrik ini, terus menambah karyawannya.

“Dari tiga bulan kesini produksinya semakin lancar, karyawannya terus bertambah yang tadinya bekerja itu laki-laki semuanya lalu ditambahi lagi tenaga wanita tambah banyak,” tutur Lukas Bonai dilokasi kejadian, Kamis (26/10/2017) malam.

Bahkan, ia menyebut, jumlah karyawan pabrik PT Panca Buana Cahaya Sukses  terhitung kurang lebih sekitar 15-20 orang perempuan.

Bahkan, menurutnya, jumlah pekerja perempuan tersebut rata-rata sekitar umur 15 tahunan.

Penuturan Lukas diperkuat karena setiap harinya ia selalu melihat para karyawan perempuan maupun laki-laki mengantri untuk masuk ke dalam pabrik tersebut.

“Seminggu lalu sempat disini karyawan tersebut lagi makan, kira-kira usianya ya SMP lah sekitar 15 tahunan masih anak-anak. Ya mereka kerja, mereka Istirahat di sini,” tutur Lukas yang kesehariannya mengelola aula serba guna tepat disebrang gudang pabrik petasan dan kembang api tersebut.

Selain itu, ia mengaku tidak mengetahui para karyawan tersebut apakah warga sekitar pabrik atau dari wilayah lain.

Namun, ia sering menjumpai para karyawan pulang kerja menuju jalan besar yang berjarak 100 meter dari pabrik.

“Saya kurang tahu tapi yang saya ketahui sebagian besar saat pulang kerja mereka menuju jalan besar,” tuturnya.

Lukas pun bercerita, awalnya ia tidak mengetahui persis pabrik PT Panca Buana Cahaya Sukses itu memproduksi bahan petasan dan kembang api.

Karena, berdasarkan pengamatannya, sejak awal pabrik ini merupakan gudang besi tua.

“gudang ini adalah tempat besi tua cukup lama beroperasi lalu kemudian beralih fungsi. Waktu beralih fungsi saya tidak tahu ini apa yang dikerjakan di dalam gudang tersebut,” paparnya.

Sebagai informasi, Pabrik petasan dan kembang api yang terletak di dekat komplek Pergudangan 99, Kosambi, Kabupaten Tangerang mengalami kebakaran hebat usai terdengar ledakan pada Kamis siang.

Hingga kini diketahui ada 47 korban meninggal dunia dan 46 korban selamat dari total 103 pekerja pabrik tersebut.

sumber : DETIK.NEWS

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan