Walkot Cilegon Singgung Pekerja Lokal Saat Jokowi Cek Pabrik Petrokimia

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan ke Kota Cilegon. Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara, termasuk Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Diketahui, Jokowi berkunjung ke Cilegon untuk melihat secara langsung perkembangan PT Lotte Chemical Indonesia. Selain itu dia juga memantau harga pasar untuk sejumlah komoditi sembako di Pasar Kranggot yang dilanjutkan dengan pembagian bantuan sosial di Kecamatan Jombang. Adapun kuota pemberian bantuan sosial di Kota Cilegon ada 17.479 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 43 kelurahan.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengatakan dirinya melihat harga-harga sejumlah komoditi sembako di Kota Cilegon masih sangat baik. Untuk harga bawang merah yang biasanya berada di atas Rp 30.000 per kilogram dan pernah menembus Rp 40.000, kini sudah berada di harga Rp 17.000 per kilogram.

“Harga cabai saya lihat juga sama turun, karena ditanam di Provinsi Banten sendiri,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9).

Meskipun demikian, Jokowi menuturkan pihaknya masih menemukan komoditi sembako yang masih menjadi masalah, salah satunya adalah beras.

“Yang masih sedikit masalah di beberapa titik-titik itu di beras,” tuturnya.

Mengenai hal tersebut, Jokowi menjelaskan pemerintah akan mengambil langkah di antaranya adalah melakukan operasi pasar yang diiringi dengan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) terhadap 21,3 juta KPM.

“Operasi pasar secara masif akan dilakukan Bulog (Badan Urusan Logistik) dan Badan Pangan pada minggu ini, berbarengan dengan bagi Bansos pangan 10 kilogram per keluarga untuk 21,3 juta penerima,” jelasnya.

Jokowi menuturkan langkah tersebut akan dilakukan oleh Bulog dan Badan Pangan di setiap ritel-ritel yang ada di kawasan Cipinang, Jakarta. Ia juga berharap langkah yang dilakukan pemerintah dapat menurunkan dan menstabilkan harga beras di pasaran.

“Bulog akan melakukan OP (Operasi Pasar) ke ritel-ritel di Cipinang. Semuanya akan diguyur beras secara masif,” ujar Jokowi.

“Kita harapkan dengan begitu, harga beras akan mulai turun,” tambahnya.

Sementara itu, Helldy Agustian mengapresiasi kunjungan Jokowi ke Kota Cilegon. Ia berharap kunjungan Presiden ke PT Lotte Chemical Indonesia dapat memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal.

“Karyawan (PT Lotte Chemical Indonesia) kurang lebih ada 13.000 orang dan 96 persennya adalah orang Indonesia. Namun, dari angka yang kami lihat kemarin baru 36 persen warga Kota Cilegon,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Helldy menekankan agar PT Lotte Chemical Indonesia bisa melaksanakan amanat dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah disepakati bersama.

“Saya berharap, setelah MoU kemarin dapat dipraktekkan apa-apa yang menjadi kerja sama kita dengan PT Lotte,” harapnya.

Tinggalkan Balasan