Wako Kendari Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Perencanaan bagi Tenaga Perencana

Kendari, KabarBerita.id — Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perencanaan bagi Tenaga Perencana se-Kota Kendari tahun 2023 di salah satu hotel di Jakarta.

Bimtek yang berlangsung hingga 8 Juni 2023 ini dihadiri juga oleh pejabat struktural Pemerintah Kota Kendari yaitu Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang dan hadir juga Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni sebagai keynote speaker.

Pj Wali Kota Kendari menyebut, perencana memiliki peran penting dalam suatu organisasi pemerintahan yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas teknis perencanan pembangunan.

Untuk itu dirinya menekankan fungsi tenaga perencana untuk menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis.

Hal ini termasuk mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan yang terwujud dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah baik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

“Output dari kegiatan Bimtek ini kesamaan persepsi dan pola pikir perencana, kualitas dokumen perencanan yang disusun, konsistensi dan keselarasan antar dokumen, dan evaluasi kinerja pembangunan yang terukur, sehingga tenaga perencana harus memiliki ilmu tentang konsep perencanaan pembangunan daerah, memiliki keterampilan dalam penyusunan dokumen perencanaan serta memiliki karakter dan attitude,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah menitip pesan bagi perencana untuk menguasai konsep, regulasi, dan visi kedepan, dimana beberapa kecakapan yang harus dimiliki antara lain loyalitas, totalitas, netral, militan, professional, antisipatif, tanggap, responsif, inovatif, intuisi atau nalar dan mampu menempatkan diri.

Tinggalkan Balasan