Vaksin Booster Kedua RI Gratis Mulai 24 Januari, Kenali Faktanya

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan program vaksin virus corona (Covid-19) dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas akan diberikan secara gratis, mulai 24 Januari 2023.

Ketetapan soal booster kedua ini tertuang dalam Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum.

“Mulai 24 Januari 2023, dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi semua masyarakat umum (18 tahun ke atas),” demikian bunyi poin pertama SE tersebut.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menyebut vaksin booster kedua ini nantinya dapat diakses masyarakat di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi Covid-19 terdekat secara gratis.

“Vaksin booster kedua masyarakat umum masih diberikan secara gratis,” kata Maxi.

Menurutnya masyarakat dapat menerima dosis booster kedua setelah melewati enam bulan sejak disuntik booster pertama. Pemberian booster kedua sendiri dilakukan setelah mempertimbangkan data dan situasi epidemiologi kasus Covid-19.

“Booster kedua itu mempertimbangkan data dan situasi epidemiologi kasus Covid-19 dan adanya varian baru, sehingga perlu adanya percepatan vaksinasi Covid-19 di 2023, baik vaksinasi primer dan booster,” ujar Maxi.

Sehingga masyarakat umum bisa memiliki perlindungan tambahan dari serangan virus corona yang kini bermutasi dengan beragam varian.khususnya bagi kelompok rentan.

Total terdapat tujuh vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua ini. Jenis vaksin ini dipilih karena telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), melalui rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), serta memperhatikan ketersediaan vaksin Covid-19 yang ada.

Tinggalkan Balasan