Tingkatkan Literasi Masyarakat, Taman Bacaan Dibangun di Desa Tertinggal di Garut

Garut, KabarBerita.id — Lembaga sosial Wujud Aksi Nyata (WAN) telah melakukan renovasi dan pembangunan taman baca di desa terpencil di Garut untuk meningkatkan literasi masyarakat. Fasilitas ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan literasi anak-anak tetapi juga sebagai tempat musyawarah masyarakat desa.

 

Taman baca tersebut dibangun di Desa Talagasari, Kabupaten Garut, sebagai respons terhadap kebutuhan akan akses pendidikan di daerah tersebut yang tidak memiliki lembaga pendidikan formal. Mang Jack, seorang pegiat pendidikan di wilayah tersebut, menyatakan bahwa masyarakat harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pendidikan, menggarisbawahi pentingnya inisiatif lokal dalam membangun lembaga pendidikan seperti Raudhaltul Athfal (RA) meskipun di daerah yang terpencil.

 

CEO WAN, Irhamdani, menjelaskan bahwa pembangunan taman baca ini merupakan bagian dari perayaan lima tahun WAN yang berfokus pada memberikan bantuan berupa bahan bangunan. Pembangunan dilakukan dalam tiga tahap dan merupakan wujud kontribusi WAN dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Irhamdani menambahkan bahwa Desa Talagasari dipilih karena potensi besar yang dimilikinya dalam bidang pendidikan anak-anak, meskipun akses transportasi ke desa ini membutuhkan waktu dan perjuangan yang cukup panjang. Selama lima tahun beroperasi, WAN telah memberikan manfaat kepada hampir 20.000 orang di 74 Kota dan Kabupaten di Indonesia, membuktikan komitmen mereka dalam memperluas jangkauan bantuan sosial mereka.

 

Secara keseluruhan, pembangunan taman baca ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara berbagai pihak dapat membawa perubahan positif dalam masyarakat. Irhamdani mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung WAN selama lima tahun terakhir dan berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan aksi-aksi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan