Berita  

Tahun Ini, Kemenhub Tambah Lima Kapal Angkutan Lebaran Untuk Madura

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Perhubungan (Kemhub) menambah sejumlah kapal untuk melayani masyakat yang akan mudik ke sejumlah pulau di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang kapal penyeberangan antar pulau selama mudik Lebaran.

Salah satu yang mendapat tambahan kapal adalah Madura, yang tahun ini mendapat tambahan hingga 5 buah kapal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tiga tahun berturut-turut perjalanan arus mudik di Madura sangat sulit terurai, sehingga harus segera diselesaikan.

“Madura adalah suatu tempat yang selama ini belum berhasil oleh karenanya tempat yang paling sulit kita lakukan perbaikan apalagi kerjasama dengan Pemda. Secara umum (angkutan lebaran) di Madura jauh lebih baik karena Kementerian Perhubungan menambah 5 kapal ke daerah Madura dan sekitarnya,” kata Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (3/6).

Meskipun begitu, saat ini perjalanan kapal pada lintas penyeberangan di Madura kerap kali masih terjadi kendala yaitu ombak besar akibat cuaca buruk.

“Kemarin ada suatu masalah terlambat saja, terlambat karena ada ombak yang besar karena memang ombak besar tidak bisa dipaksakan bahkan saya memberikan suatu catatan bagi Kepala Pelabuhan atau Syahbandar jangan memaksakan kapal itu berangkat dalam keadaan cuaca tidak bagus,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi bantuan kapal bagi masyarakat Madura dan sekitarnya. Menurut Khofifah bantuan kapal ini akan sangat berguna untuk masyarakat.

“Terima kasih, masyarakat Jatim mendapatkan perhatian yang sangat bagus dari Pak Menteri Perhubungan,” kata Khofifah.

Khofifah juga menyebut kendala yang masih dihadapi masyarakat di Madura yaitu ombak besar.

“Jikalau nanti ada exercise dari Kemenhub sudah selesai tentu kami berharap bahwa pada saat ombak itu tinggi beberapa kapal tertentu yang punya alat pemecah ombak tetap bisa berlayar dengan catatan bahwa ada kedalaman tertentu di tempat (dermaga) mereka bersandar di pulau-pulau itu,” ungkap Khofifah.

Pada kesempatan tersebut Menhub sempat melepas keberangkatan kapal mudik gratis Express Bahari 9C yang melayani rute Kalianget-Kangean. Selain Khofifah, turut mendampingi Menhub melepas keberangkatan kapal mudik gratis diantaranya Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis, Watimpres Sidarto, Bupati Sumenep Busyro Karim dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Tinggalkan Balasan