Susah Bilang ‘Tidak’, Ini Kebiasaan yang Buat Tubuh Mudah Lelah

Jakarta, KabarBerita.id — Rasa lelah merupakan hal yang biasa. Namun bagaimana apabila rasa lelah begitu mudah muncul meski tubuh rasanya tidak terlalu sibuk berkegiatan?
Faktanya ada beberapa kebiasaan yang membuat tubuh gampang lelah. Akibatnya Anda sering merasa lesu seharian.

Umumnya rasa lelah muncul ketika tubuh sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Akan tetapi faktanya rasa lelah dapat muncul kapan saja.

Kebiasaan yang membuat tubuh mudah lelah dalam kebanyakan kasus dapat di atasi oleh gaya hidup dan modifikasi menu makan harian. Selain itu Anda juga perlu mengetahui penyebab tubuh mudah lelah.

Beberapa penyebab diantaranya sering dilakukan sehari-hari. Dikutip berbagai sumber berikut ini diantaranya.

1. Bergadang dan kurang tidur
Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Kurang tidur menjadi salah satu kebiasaan yang membuat tubuh gampang lelah.

Tubuh melakukan sejumlah proses penting selamat tidur sehingga menimbulkan perasaan segar ketika sudah terbangun.

Orang dewasa disarankan tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam.

2. Sering ngopi
Pada dasarnya asupan kafein memang dapat memberikan energi. Akan tetapi terlalu banyak asupan kafein dalam sehari juga dapat membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

Hal ini disebabkan oleh tersampaikan yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

3. Jarang minum
Hidrasi berperan penting untuk menjaga energi tetap stabil. Karena banyak reaksi biokimia dalam tubuh yang mengakibatkan hilangnya air.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dehidrasi menyebabkan tingkat energi yang lebih rendah dan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi.

4. Sarapan tanpa karbohidrat
Banyak orang melewatkan asupan karbohidrat demi program penurunan berat badan. Padahal absennya karbohidrat ketika sarapan dapat membuat tubuh mudah lelah sepanjang hari.

Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan bahan bakar. Studi menemukan bahwa orang yang melewatkan asupan karbohidrat cenderung lebih mudah lelah daripada orang yang mengonsumsi karbohidrat.

5. Membiarkan kamar atau meja kerja berantakan
Apabila anda terasa mudah lelah maka cek kondisi kamar atau meja kerja Anda. Apabila terlihat berantakan maka rasa lelah yang mudah muncul adalah perkara normal.

Kondisi berantakan dapat menyedot energi dan membuat otak merasa kewalahan serta sulit berkonsentrasi.

6. Sibuk di depan layar komputer
Duduk di depan layar komputer selama berjamjam dapat menimbulkan perasaan lelah. Hal ini dimanifestasikan dalam kondisi medis yang disebut computer vision syndrome, yakni kondisi ketika tubuh merasa kelelahan setelah berada di depan layar komputer dalam waktu yang lama.

Gejalanya bisa berupa kelelahan, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

7. Bersikap perfeksionis

Berjuang untuk menjadi sempurna membuat seseorang bekerja lebih keras, atau bahkan lebih lama dari yang diperlukan.

Pikiran-pikiran seperti di atas pada akhirnya akan menimbulkan rasa cemas, yang perlahan membutuh jadi terasa gampang lelah.

8. Susah bilang ‘tidak’
Wajar saja jika ingin membuat orang lain senang. Tapi jangan sampai hal tersebut justru mengorbankan energi dan kebahagiaan Anda sendiri.

Psikolog klinis Susan Albers mengatakan kebiasaan selalu mengiyakan permintaan orang lain akan membuat seseorang merasa mudah lelah. Betapa tidak, menyetujui permintaan seseorang membuat beban terus bertambah.

Tinggalkan Balasan