Berita  

Subhanallah, Narik Becak Sikhlasnya Antarkan Naik Haji

Solok, KabarBerita.id — Seorang penarik becak asal Kota Solok, Sumatra Barat, Samsunur (58) yang tinggal di Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, akhirnya bisa menunaikan ibadah haji pada 2019 bersama istrinya, Kasmawati (55).

Pasangan suami istri ini berangkat haji setelah mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. “Saya dan istri mendaftar haji pada 2011, harusnya jatah berangkat 2020, tapi Alhamdulillah dimajukan menjadi 2019,” kata Samsunur di Solok, Kamis (11/7) didampingi istrinya.

Dia menyebutkan pekerjaannya sebagai penarik becak tidak menghalangi niatnya untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci di Arab Saudi.

Dengan penghasilan sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 75 ribu sehari, dia dan istrinya tetap bisa menyisihkan penghasilannya sejak 2004 untuk mewujudkan cita-citanya ke Makkah.

“Anak saya belum bisa membantu, karena ada yang sudah berkeluarga tapi baru cukup untuk keluarganya,” ujarnya.

Samsunur menyebutkan dulu dia memakai becak kayuh sejak 1985, pada 2007 baru memakai becak motor. Hampir 34 tahun dia menjadi tukang becak.

Dia memiliki langganan orang pasar seperti penjual sate, bubur candil, buah-buahan, petani untuk mengangkut pupuk atau benih, orang menjual baju dan lainnya.

“Semua yang bisa saya angkut muatannya, pasti dibantu dengan tarif sesuai pemberian mereka. Tidak saya patok, terkadang diberi Rp 5 ribu, Rp 7 ribu bahkan lupa dibayar ,” ujarnya.

Dia menerapkan sistem “bayar seikhlasnya” ke setiap pelanggan dan orang yang memakai jasanya.

Tinggalkan Balasan