STY Minta AFF Pakai VAR, Buntut ‘Dikerjai’ Wasit

Jakarta, KabarBerita.id — Pelatih Shin Tae Yong meminta Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menggunakan video assistant referee (VAR) lantaran kesal Timnas Indonesia U-23 dikerjai di final Piala AFF U-23 2023, Sabtu (26/8).
Dalam final melawan Vietnam di Stadion Rayong, wasit Hiroki Kasahara asal Jepang membuat banyak keputusan yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Sejumlah keputusan kontroversial itu pun turut memengaruhi kekalahan yang diderita Indonesia usai kalah 5-6 dari Vietnam dalam adu penalti.

Seperti masih kecewa dengan hasil final Piala AFF U-23 2023, di mana Indonesia harus puas jadi runner up, Shin Tae Yong mengunggah video di Instagram yang berisi insiden yang merugikan Garuda Muda.

“Kerja yang bagus dari para atlet-atlet kita yang mengikuti kompetisi AFF. Apa yang tidak bisa Anda lihat di depan Anda adalah, mungkin Anda tidak memiliki keterampilan atau Anda mungkin sengaja bercanda,” ujar Shin Tae Yong dalam keterangan video itu.

Shin Tae Yong pun mengungkapkan kerugian-kerugian yang dialami Tim Merah Putih tidak saja di Piala AFF U-23 2023. Karena itu STY meminta AFF bisa menggunakan VAR dalam setiap turnamen yang digelar.

“Jika masalah seperti ini tidak terjadi sekali atau dua kali di setiap turnamen, saya berharap VAR segera diperkenalkan untuk membantu perkembangan sepak bola AFF,” kata STY.

Sebagian besar insiden kerugian yang ditunjukkan STY itu terjadi saat melawan Vietnam. Hanya satu momen ketika Indonesia dirugikan dengan penalti kontroversial melawan Malaysia.

Tinggalkan Balasan