Siap Dipakai Jalur Mudik, 95,66% Jalan di Salatiga dalam Kondisi Baik

Salatiga, KabarBerita.id — Sekitar 95,66 persen ruas jalan di Kota Salatiga dalam kondisi baik dan siap digunakan sebagai jalur mudik Lebaran. Jalur telah dilengkapi rambu-rambu lalu lintas serta lampu penerengan jalan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Salatiga Syahdani Onang Prastowo mengatakan, total panjang jalan kota Salatiga, mencapai sekitar 337, 451 kilometer. Sementara, jalan sepanjang 334,769 kilometer di antaranya dalam kondisi mantap. 

“Sedangkan yang 2,702 kilometer dalam kondisi tidak mantap. Jadi jalan di Salatiga relatif aman,” katanya, Selasa (11/4).

Menurutnya semua medan jalan Kota Salatiga termasuk jalur alternatif sudah hotmix. Namun demikian, penguna jalan diimbau waspada saat melintasi jalur alternatif karena banyak terdapat persimpangan jalan kampung.

“Jalur utama dan alternatif banyak persimpangan jalan. Karena itu, penggunaa jalan harus berhati-hati,” ucapnya. 

Baca Juga

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga telah melakukan berbagai langkah untuk mempersiapkan jalur mudik Lebaran, termasuk menyiapkan sarana perlengkapan jalan. Adapun perlengkapan yang sudah disiapkan antara lain rambu papan petunjuk jurusan (RPPJ) portable, guard zone, traffic barrier dan traffic cone.

Kepala Dishub Kota Salatiga, Sri Satuti mengatakan langkah persiapan harus dilakukan sejak dini karena Salatiga merupakan daerah perlintasan yang dilalui jalur jaringan pergerakan nasional dan regional. 

Baca Juga

“Persiapan sejak dini kami lakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan transportasi, memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada para pengguna jalan, termasuk pemudik. Di samping itu, juga untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang tertib, lancar, aman dan nyaman,” ujarnya. 

Tinggalkan Balasan