Safari Ramadhan, Pemkab Bangka Barat Sosialisasikan Pembangunan

Jakarta, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memanfaatkan kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah untuk menyosialisasikan berbagai program pembangunan kepada masyarakat.

“Kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan kesempatan bagi kita untuk bertemu langsung dengan masyarakat, ini kesempatan untuk menyosialisasikan berbagai program pembangunan daerah sekaligus menjaring aspirasi,” kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, pembangunan di Kabupaten Bangka Barat terus berjalan, namun tidak seluruh warga di daerah itu mengetahui berbagai program dan kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang produktivitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satunya program unggulan kita dalam menjamin biaya berobat dan pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh warga Bangka Barat,” katanya.

Pada kesempatan melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Barokah Desa Puput, Kecamatan Parittiga, ia menyampaikan program unggulan tersebut.

“Dengan adanya program jaminan kesehatan gratis ini kami tidak mau ada masyarakat Bangka Barat yang bila ke rumah sakit, ke puskesmas, atau ke mana pun tidak dilayani kebutuhan pelayanan kesehatannya. Dalam program ini warga cukup membawa KTP Bangka Barat dan akan mendapatkan pelayanan gratis sesuai kebutuhan,” katanya.

Selain itu, masih ada beberapa program dan kegiatan pembangunan dalam bidang lain yang disampaikan kepada masyarakat dan diharapkan masyarakat mendukung berbagai upaya yang sedang dilakukan pemerintah saat ini.

“Pembangunan daerah butuh dukungan seluruh elemen masyarakat agar bisa berjalan sesuai yang direncanakan, sehingga program pembangunan benar-benar bisa dirasakan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dalam pesan puasa Ramadhan, Bupati Sukirman mengingatkan masyarakat bisa menjaga kesehatan dan bersama-sama ikut berperan aktif dalam memakmurkan masjid.

Sekretaris Daerah Bangka Barat Muhammad Soleh mengatakan kegiatan Safari Ramadhan bertujuan mengeratkan tali silaturahim antara pejabat di lingkungan pemkab dengan masyarakat, sekaligus berbagi ilmu agama.

Menurut dia, hikmah berpuasa secara ilmiah yaitu dapat menurunkan berat badan, mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi kerja otak, memperbaiki sistem imun kekebalan tubuh, mengontrol rasa lapar, dan meregenerasi sel-sel tubuh.

“Mari kita jaga silaturahim dan menjalankan ibadah ini dengan sepenuh hati agar bisa memperbaiki hidup kita,” katanya.

Pada kesempatan itu, Pemkab Bangka Barat menyerahkan seperangkat alat kegiatan ibadah kepada pengurus Masjid Al Barokah, bantuan modal usaha dari Baznas Bangka Barat kepada 10 penerima bantuan, bantuan dari PDAM Tirta Sejiran Setason kepada 20 penerima, PT GSBL kepada tujuh penerima, dan pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Kecamatan Parittiga menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada lima orang.

Tinggalkan Balasan