Ronaldinho Resmi Pensiun dari Dunia Sepakbola

SAO PAOLO, Kabarberita.id – Eks gelandang Barcelona, Ronaldinho Gaucho memutuskan untuk pensiun sebagai pesepak bola. Pria 37 tahun itu merasa ini adalah saatnya untuk gantung sepatu. 

Hal tersebut diutarakan langsung oleh sang kakak, Roberto de Assis. Rencananya, Assis akan melakukan hal spesial selepas Piala Dunia 2018 untuk menghormati 20 tahun perjalanan karier Ronaldinho.

“Dia telah berhenti, kariernya sebagai pesepak bola telah berakhir. Mari kita melakukan sesuatu yang cukup besar dan bagus (untuk perpisahannya) setelah Piala Dunia 2018, mungkin pada Agustus,” ujar Assis.

“Kami akan melakukan berbagai acara di Brasil, Eropa, dan Asia, dan tentu saja kami juga akan menggelar sesuatu dengan tim Brasil,” kata dia lagi.

Ronaldinho merupakan salah satu pesepak bola asal Brasil yang memiliki karier gemilang. Di level klub, mulai dari Gremio, Paris Saint-Germain, Barcelona, AC Milan, Flamengo, Atletico Mineiro, Queretaro, hingga Fluminense, Ronaldinho mencetak 280 gol dari 728 laga.

Dia juga berhasil meraih sembilan titel juara, dengan rincian satu bersama PSG, lima dengan seragam Barca, satu bersama Milan, dan dua trofi saat memperkuat Atletico Mineiro.

Bukan hanya di level klub, pria bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira itu juga meraih banyak kesuksesan bersama timnas Brasil. Ronaldinho mencetak 33 gol dari 97 caps, dan merengkuh empat gelar, termasuk trofi Piala Dunia 2002.

Dua klub elite Eropa, Barcelona dan AC Milan, mengucapkan terima kasih atas kontribusi Ronaldinho. Barca yang pernah merasakan magis pria 37 tahun tersebut dari 2003 sampai 2008 memuji sosok Ronaldinho.

“Penyihir Camp Nou yang selalu tersenyum. Terima kasih untuk semuanya!” tulis Barcelona di akun Twitter resmi klub.

Sementara itu, Milan menganggap Ronaldinho sebagai pesepak bola yang selalu memikat ketika tampil di lapangan. Pria yang identik dengan nomor punggung 10 itu pernah memperkuat I Rossoneri dari 2008 hingga 2011.

“Ronaldinho, pria yang memikat San Siro dan setiap penggemar sepak bola telah resmi pensiun. Terima kasih, Dinho: G.O.A.T,” tulis AC Milan di akun Twitter klub.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here