Berita  

Rektor UI: Rektor Asing Jadi Pemicu Bekerja Lebih Baik

Jakarta, KabarBerita.id — Rektor Universitas Indonesia (UI) terpilih Prof Ari Kuncoro menanggapi kebijakan pemerintah mendatangkan rektor asing untuk menjadi rektor di perguruan tinggi Indonesia. Menurut dia, rektor asing merupakan pemicu untuk bekerja lebih baik.

“Saya rasa rektor asing itu bisa kita lihat sebagai pemicu bagi kita untuk bekerja lebih baik,” ujar Ari usai ditetapkan menjadi Rektor UI terpilih di Makara Art Center UI, Depok, Rabu (25/9).

Ia menuturkan, rektor asing menjadi dorongan untuk para rektor asli dalam negeri agar terus memperbaiki diri. Bagi dia, yang paling penting menyikapi kebijakan impor rektor asing adalah dengan penyusunan tata kelola di universitasnya mulai dari pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Dan rektor asing itu mungkin kalau kita lihat di sini dia harus banyak belajar, tapi bagus artinya apa, ini adalah salah satu pemicu, Anda kok enggak maju-maju, itu bagus, jadi merupakan apa dorongan bagi kita untuk terus memperbaiki diri,” jelas dia.

Ari mengatakan, perguruan tinggi itu semestinya bisa menjadi jembatan hubungan dengan negara-negara lain dengan membentuk tim negosiasi di luar negeri.

Karena itu ia berjanji akan mendidik mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk menembus jalur pasokan internasional.

Tinggalkan Balasan