Ramuan Herbal Cepat Atasi Asam Lambung

Jakarta, KabarBerita.id — Gejala penyakit asam lambung kerap dirasa mengganggu. Ada beberapa ramuan herbal untuk asam lambung yang bisa Anda coba.

Penyakit asam lambung adalah kondisi saat cairan asam dari lambung kembali naik ke kerongkongan.

Pada dasarnya, naiknya asam lambung ini merupakan kondisi yang wajar. Namun, jika naiknya asam lambung terjadi berulang dan sering, maka bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk mengatasi asam lambung yang sering naik, Anda bisa mengonsumsi beberapa ramuan herbal. Berikut beberapa ramuan herbal untuk asam lambung, mengutip berbagai sumber.

1. Teh peppermint

Mengutip Healthline ada beberapa studi menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu pengidap GERD dalam mengatasi gejala yang muncul.

Anda bisa mendapatkan asupan peppermint dengan meminumnya dalam bentuk teh. Namun, Anda disarankan agar tidak meminum teh peppermint berbarengan dengan obat antasida karena bisa memicu heartburn.

2. Teh jahe

Jahe dipercaya bisa membantu menurunkan gejala asam lambung. Namun sebenarnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Sejauh ini, studi hanya menemukan asupan jahe bisa membantu mengurangi mual. Selain itu, beberapa senyawa yang ditemukan dalam jahe juga ternyata ada di beberapa obat antasida. Nama terakhir merupakan obat yang biasa digunakan untuk membantu menurunkan asam lambung.

Anda bisa mengupas jahe, lalu merebusnya dalam air. Tambahkan madu untuk menambahkan rasa. Konsumsi air jahe dalam kondisi panas.

3. Teh chamomile

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki chamomile dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan yang terjadi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Selain itu, chamomile juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan akibat kecemasan dan stres. Sementara stres dan kecemasan disebut-sebut sebagai salah satu pemicu utama naiknya asam lambung.

4. Teh daun pepaya

Selain meringankan masalah pencernaan, daun pepaya juga digunakan untuk mengatasi refluks asam lambung.

Mengutip Hello Doctor, enzim papain yang ditemukan dalam pepaya membantu meredakan sensasi terbakar di dada alias heartburn.

Daun pepaya bisa dikonsumsi dengan cara dibuat seperti teh atau jus. Berikan madu untuk menambahkan rasa.

5. Teh kunyit

Mengutip Medical News Today, kunyit bisa melindungi sel-sel mukosa di kerongkongan dari kerusakan akibat asam lambung.

Anda bisa menyeduh bubuk kunyit yang sudah tersedia di pasaran untuk mengonsumsinya.

Tinggalkan Balasan