Rahasia Zohri Kalahkan Peraih Emas Asian Games di Babak Penyisihan

Jakarta, KabarBerita.id — Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri mengungguli pengoleksi emas Asian Games asal Qatar Femi Ogunode dalam babak penyisihan lari 100 meter putra di heat 5 yang berlangsung di Hangzhou Olympic Sports Park Main Stadium, Jumat (29/9) malam.

Ogunode bukan pelari sembarangan. Atlet 32 tahun kelahiran Nigeria itu merupakan peraih empat emas Asian Games yakni 200 meter putra dan 400 meter putra pada 2010, serta nomor 100 meter putra dan 200 meter putra pada 2014.

Selain itu Ogunode juga merupakan peraih emas di Kejuaraan Atletik Asia 2015 pada nomor 100 meter, 200 meter, dan estafet 4×100 meter putra.

Zohri dan Ogunode lari bersisian pada heat 5. Andalan Indonesia itu ada di lintasan lima, dan Ogunode di lintasan empat. Zohri kemudian mencatatkan waktu 10,22 detik atau 0,02 detik lebih cepat dibanding Ogunode.

“Tidak [deg-degan] sih, biasa, soalnya dulu sering kejuaraan Asia di Qatar pernah ketemu dia. Kejuaraan besar juga pernah ketemu dia,” ucap Zohri mengenai suasana mental saat beradu kencang dengan Ogunode seperti dikutip dari Antara.

Kemantapan psikologis Zohri juga diperkuat dengan kondisi fisik atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah pulih dari cedera.

“Ya alhamdulillah lah sudah sembuh dari cedera. Ya alhamdulillah kekuatan yang dulu muncul lagi,” ujar pelari yang memiliki catatan waktu terbaik 10,03 detik tersebut.

Finis pertama pada babak heat membuat Zohri memastikan tiket ke semifinal. Zohri pun yakin bisa tampil baik pada laga perebutan tempat di final yang akan berlangsung Sabtu (30/9) malam.

“Bagi saya pribadi ya saya percaya dengan hasil latihan. Pokoknya di pertandingan nanti fokus sekuat kemampuan lah,” terangnya.

Catatan waktu 10,22 yang dibukukan Zohri hanya bisa dikalahkan oleh dua atlet lain pada babak heat yakni sprinter China Xie Zhenye yang mengukir waktu 10,07 detik dan andalan Thailand Puripol Boonson yang finis 10,13 detik.

Pada semifinal yang berlangsung Sabtu (30/9) pukul 18.30 WIB, Zohri masuk ke sesi pertama bersama tujuh sprinter lainnya seperti Yoshihide Kiryu dari Jepang, Muhammad Azeem Bin Mohd Fahmi dari Malaysia, dan Saeed Saad Alkhaldi dari Bahrain.

Hanya akan ada delapan atlet yang bisa masuk ke partai final, yakni masing-masing juara dan runner up dari tiga sesi semifinal. Sedangkan dua tiket tersisa akan diperebutkan pelari lain dengan waktu terbaik di luar juara dan runner up dari tiga sesi semifinal.

Laga final lari 100 meter putra juga akan dilangsungkan besok pada pukul 21.55 waktu setempat atau pukul 20.55 WIB.

Tinggalkan Balasan