Pratama Arhan Latihan Terpisah, Absen Lawan Kamboja?

Jakarta, KabarBerita.id — Pratama Arhan diragukan tampil pada laga perdana Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Kamboja, Jumat (23/12).

Bek Tokyo Verdy itu semula ikut melakukan pemanasan bersama tim dalam latihan perdana Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (20/12).

Pada saat itu sesi latihan dipimpin asisten pelatih Choi In Cheol, Cho Byung Kuk, dan Nova Arianto. Adapun Shin Tae Yong memilih melakukan sesi wawancara dengan media massa di pinggir lapangan.

Begitu wawancara selesai, sesi latihan taktik dimulai. Dalam sesi ini Arhan tak bergabung dengan pemain lainnya. Bek sayap kiri Tokyo Verdy ini malah berlari mengelilingi lapangan.

Latihan terpisah yang dilakukan Arhan menimbulkan spekulasi bahwa bek sayap tersebut belum fit untuk dimainkan. Shin yang ditemui seusai latihan mengakui Arhan mengalami cedera.

“Buat pencegahan. Buat jaga-jaga saja. Makanya dia [Pratama Arhan] latihan terpisah. Cedera ada, tapi bukan cedera serius. Buat jaga-jaga saja jadi latihan di pinggir lapangan,” kata Shin.

Soal peluang tampil melawan Kamboja pada Jumat (23/12), Shin enggan berandai-andai. Ada peluang pemain 20 tahun ini disimpan, tetapi terbuka kemungkinan tetap jadi pilihan pertama.

“Peluangnya 50:50. Kalau mau menjaga pemain, Arhan bisa saja tidak dimainkan [dalam laga melawan Kamboja],” kata pelatih asal Korea Selatan tersebut yang disampaikan penerjemah bahasa.

Jika Arhan tak main, ada beberapa pilihan yang bisa dipakai Shin. Salah satunya adalah Edo Febriansah. Pemain Rans Nusantara FC ini memang sengaja dipanggil untuk melapis Arhan.

Jika tidak masih ada beberapa pilihan. Rachmat Irianto bisa bermain di posisi ini, begitu pula dengan Yakob Sayuri. Shin juga bisa saja menerapkan formasi tiga bek untuk mengatasi kekosongan yang ditinggal Arhan. 

Tinggalkan Balasan