PKB Tawari Anies Ikut Pilkada Jakarta 2024, Yakin Menang

Yogyakarta, KabarBerita.id — Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar mengonfirmasi bahwa partainya telah menawarkan dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Halim menyatakan bahwa tawaran tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa Anies memiliki peluang besar untuk menang.

“Ya, salah satu opsi PKB adalah mendukung Pak Anies,” ujar Abdul Halim di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sleman, DIY, Selasa (21/5).

Halim, yang juga menjabat sebagai Menteri Desa, tidak menyebutkan nama kandidat lain yang dipertimbangkan untuk Pilkada Jakarta 2024. Namun, ia menekankan bahwa partainya mempertimbangkan Anies karena rekam jejak koalisi di Pilpres 2024 dan keyakinan akan kemampuannya memenangkan Pilkada Jakarta.

“Kami sudah berkoalisi di Pilpres 2024, dan kami yakin Pak Anies bisa menang di DKI,” kata Halim, yang merupakan kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Halim membantah bahwa tawaran kepada Anies datang langsung dari Cak Imin. “Kalau dorongan dari Cak Imin tidak ada, tapi jika diajak bersinergi, oke,” tambahnya.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda juga mengakui bahwa partainya mempertimbangkan untuk mengusung Anies Baswedan jika ia ingin maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. “Dari hasil diskusi dengan teman-teman di sekitar Mas Anies, kami mempertimbangkan kemungkinan tersebut,” kata Huda di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa.

Huda mengungkapkan bahwa sudah ada komunikasi awal terkait rencana pencalonan Anies di Pilgub DKI Jakarta, meskipun belum ada rekomendasi resmi dari partai. PKB juga mempertimbangkan kader internal seperti Ida Fauziyah untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Kita lihat nanti, pendaftaran kapan? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Anies mengklaim telah menerima tawaran dari PKS, PKB, dan NasDem untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Ia merasa terhormat dengan tawaran tersebut dari partai-partai yang juga mendukungnya di Pilpres 2024. “Saya merasa sangat terhormat dengan kepercayaan ini,” kata Anies dalam acara Political Show yang ditayangkan CNN Indonesia TV, Senin (20/5) malam.

Anies menyatakan bahwa ia sedang mendengarkan aspirasi masyarakat dan meminta pandangan dari tokoh-tokoh senior mengenai kelanjutan karier politiknya di Jakarta. “Ini bukan soal tiket, tapi soal apakah kesempatan untuk melanjutkan di Jakarta,” ujarnya.

Pemungutan suara Pilkada 2024 akan diadakan pada November 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta. Anies sebelumnya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dan namanya kini mencuat sebagai salah satu kandidat dalam bursa calon gubernur Jakarta 2024.

Tinggalkan Balasan