Berita  

Pigai tak Lolos, Pansel Capim KPK Disebut Prokoruptor

Jakarta, KabarBerita.id — Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai tidak lolos seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pigai akan menggugat Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK ke PTUN karena merasa dizalimi.

Sekjen Gerakan Rakyat Tolak Aktor Koruptor (Gertak) Dimas Tri Nugroho mengatakan, tidak lolosnya Natalius Pigai dalam seleksi capim KPK patut dicurigai. Ia menyebut pansel KPK diduga prokoruptor.

“Jika dugaan ini benar, maka bisa membuat publik semakin meragukan kredibilitas panitia seleksi capim KPK,” kata Dimas melalui keterangan tertulisnya, Jumat (12/7).

Dimas mengatakan, masyarakat menaruh harapan terhadap KPK sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi. Menurutnya, jangan sampai kepercayaan masyarakat itu memudar di tengah dukungan masyarakat yang tinggi terhadap pemberantasan korupsi. “Melihat kinerja pansel KPK dianggap tidak kredibel dan tidak objektif, apakah Pansel sekadar mempertahankan status quo,” katanya.

Dimas mengatakan, keraguan terhadap kredibilitas Pansel Capim KPK pernah disampaikan oleh elemen masyarakat antikorupsi. Masyarakat meragukan independensi beberapa anggota Pansel Capim KPK.

“Gertak meminta agar mengubah komposisi Pansel Capim KPK agar bisa bekerja untuk menemukan tokoh terbaik yang pantas memimpin lembaga antirasuah itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan