Peringati Hari Jantung Sedunia, Kenali Jantung untuk Menjaganya

Jakarta, KabarBerita.id — Tepat hari ini, 29 September 2023 diperingati sebagai Hari jantung Sedunia. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja.

Melansir situs resmi World Heart Federation, perayaan kali ini mengambil tema ‘Use Heart, Know Heart’. Dengan tema ini, Anda diajak mengenal, mengetahui, dan menjaga jantung masing-masing.

Kampanye World Heart Day kali ini juga berfokus pada langkah penting, yakni mengetahui isi jantung terlebih dahulu, baru berusaha menjaganya dengan maksimal.

“Karena kita mencintai dan melindungi apa yang kita ketahui,” tulis World Heart Federation dalam keterangannya.

Lembaga ini juga ingin mendobrak semua hambatan dan memberdayakan individu untuk mengendalikan kesejahteraan mereka sendiri. Sebab, saat ini pengetahuan tentang kesehatan jantung dan kebijakannya juga tergolong masih kurang.

Oleh karena itu, semua individu harus sadar atas kesehatan jantungnya masing-masing.

Menukil laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung memang masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Berdasarkan catatan lembaga tersebut, beban penyakit tidak menular, termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah, di wilayah Asia Tenggara terbilang tinggi. Sebanyak 3,9 juta kematian di wilayah ini bahkan didominasi oleh penyakit tidak menular.

Selain mendorong masyarakat lebih mengenal dan menjaga jantungnya, mempercepat pengendalian penyakit jantung juga merupakan prioritas utama dari WHO saat ini.

Banyak hal yang bisa memicu penyakit jantung. Salah satu yang paling utama adalah gaya hidup tidak sehat, mulai dari kebiasaan merokok, pola makan yang kacau, dan gaya hidup sedentari.

Tinggalkan Balasan