Penonton MotoGP Menurun, Imbas Tak Ada Rossi dan Marquez?

Valentino Rossi

Jakarta, KabarBerita.id — Jumlah penonton MotoGP diketahui terus menurun pada musim 2022, terakhir di MotoGP Inggris 2022. Apa yang terjadi, apakah hal tersebut karena sudah tidak ada Valentino Rosi dan Marc Marquez?

Hanya ada 41.002 penonton yang hadir dalam sirkuit Silverstone balapan MotoGP Inggris 2022 pada Minggu (7/8). Jumlah tersebut turun drastis dari musim lalu ketika ada 67.000 penonton yang hadir di balapan MotoGP Inggris 2021.

Jumlah tersebut kalah jauh dari ajang F1 GP Inggris yang juga digelar di Sirkuit Silverstone bulan lalu. Ada 142.000 penonton pada hari H balapan F1 Inggris, Dikutip Crash.

Total ada 401.000 penonton yang hadir di F1 GP Inggris sepanjang tiga hari. Jumlah tersebut cukup mengejutkan mengingat F1 sempat disebut membosankan daripada MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Lalu apa yang menyebabkan MotoGP terus kehilangan penonton hingga saat ini mulai kalah dari F1?

Dorna sports melalui CEO Carmento Ezpeleta, berulang kali mengatakan bahwa MotoGP tetap jalan meski Valentino Rosi telah pensiun. Tapi tidak dipungkiri pensiunnya Rosi ditambah dengan Marc Marquez yang absen panjang menjadi salah satu faktor penting menurunnya jumlah penonton MotoGP.

Juara dunia balap motor Enduro yang juga penggemar MotoGP, Ivan Cervantes mengatakan MotoGP selalu menarik akan tetapi dua penebalan hebat hilang. Proses yang merupakan legenda dan Marquez yang merupakan pembalap terbaik dalam sejarah.

Tinggalkan Balasan