Berita  

Pengungsi di Kebon Sirih akan Dipindah ke Islamic Center

Jakarta, KabarBerita.id — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memindahkan ratusan pengungsi dari luar negeri yang menetap di atas trotoar Kebon Sirih. Rencananya sekitar 241 pengungsi akan dipindahkan ke Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara untuk sementara waktu.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi setelah meninjau lokasi pengungsian.

“Kami sebagai pemerintah daerah melihat manusia pakai tenda apalagi di wilayah tempat perkantoran itu enggak baik. Jadi rencananya besok pagi kami akan pindahkan mereka ke Jakarta Islamic Center,” kata Prasetio di DPRD DKI Jakarta, Selasa (9/7) malam.

Keputusan ini diambil setelah DPRD DKI Jakarta berdiskusi dengan Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (UNHCR), para pengungsi dan eksekutif dari DKI Jakarta.

Kendati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang berada di Kolumbia, menurut dia, keputusan ini tetap diambil. “Saya kira ini atas dasar kemanusiaan saja. Enggak ada maksud apa-apa, kami ingin bantu,” jelas Prasetio.

Setelah pertemuan malam ini, para perwakilan pengungsi akan berkomunikasi dengan teman-temannya yang berada di tenda pengungsian. Jika disetujui, pemindahan bakal dilakukan besok pagi.

Kendati begitu, Prasetio mengatakan pihaknya tidak akan ikut campur mengenai proses hukum mereka di Indonesia. Prasetio mengatakan pihaknya mendorong UNHCR dan Kemeterian Luar Negeri untuk mempercepat pengurusan visa ratusan pengungsi dari Afghanistan dan Somalia tersebut.

“Masalah tuntutan teman-teman minta suaka policy silahkan saja dan sah saja mereka menuntut datang ke Jakarta ke UNHCR. Soal kepastian hukum ya enggak bisa. Saya enggak mau masuk ke ranah itu, itu adalah ranah UNHCR dan Kemeneterian Luar Negeri,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan