Pemkot Sukabumi Wakili PPD Tingkat Nasional Usai Raih PPD Terbaik I se Jabar

Sukabumi, KabarBerita.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi terus mencatatkan prestasi terbaiknya. Kali ini, meraih juara terbaik I (Pertama) dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang diterima langsung oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, yang dihadiri seluruh kepala daerah, dan unsur Bappeda Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jabar, di Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (21/3).

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengungkapkan, penghargaan yang diterima ini, sebagai bentuk apresiasi, karena Pemkot Sukabumi telah menunjukkan prestasi dalam perencanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah terbaik di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, Kota Sukabumi meraih juara pertama tingkat Provinsi Jabar dalam PPD, yang sekaligus mewakili Jabar ke tingkat nasional,” ujar Fahmi, melalui siaran persnya yang diterima Neraca, kemarin.

Penghargaan ini, kata Fahmi, akan terus memacu Pemkot Sukabumi untuk terus bekerja maksimal dalam pembangunan agar lebih baik lagi. Khususnya dalam mewujudkan Kota Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera (Renyah).

“Saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada organisasi perangkat daerah dan elemen masyarakat lainnya hingga mendapatkan penghargaan. Kolaborasi dan sinergitas dalam pembangunan akan terus dilakukan untuk Kota Sukabumi yang lebih baik dari waktu ke waktu,” ucap Fahmi.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Reni Rosyida Mutmainah, menjelaskan, PPD yang dilaksanakan merupakan evaluasi perencanaan dan pembangunan, dengan ruang lingkup penilaian. Yakni, proses penyusunan dokumen Rencana kerja pembangunan daerah (RKPD), kemudian kulaitas dokumen perencanaan daerah (RKPD), lalu pencapaian pembangunan daerah, dan inovasi pembangunan yang dikembangkan.

Adapun Inovasi Pembangunan Pemkot Sukabumi pada PPD Jabar 2022, lanjut Reni, adalah Dana Kitri (Sukabumi Creative Hub), yang bermaksud mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif agar menjadi creativepreneur, melalui akselerasi dan penataan potensi ekonomi kreatif dengan pola pelatihan, exhibition, pemasaran, akses keuangan, pendampingan dan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Sukabumi.

“Atas pencapaian tersebut, Pemkot Sukabumi terpilih sebagai Kota satu-satunya di Jabar untuk mengikuti penilain PPD tingkat nasional tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dengan, rangkaian evaluasi melalui tiga tahap. Yaitu, penilaian teknis dokumen, prestasi dan wawancara, dan verivikasi, serta saat Press Release ini dibuat, melaju sebagai 10 besar Pemerintah Kota se-Indonesia terbaik PPD yang berhasil masuk ke dalam Tahap III (verifikasi dan kunjungan lapangan) yang penilaiannya dijadwalkan, Senin-Selasa atau 3 sampai 4 April 2023 mendatang,” kata Reni.

Pihaknya juga, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berpartisipasi dalam perencanaan dan pembangunan kota. Penghargaan ini, kata Reni, menjadi bukti bahwa kerja keras dan kolaborasi semua pihak dapat mencapai hasil yang memuaskan, untuk memajukan Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik dan memperbaiki kualitas hidup seluruh warga Kota Sukabumi.

Seperti diketahui penghargaan PPD, diberikan kepada pemerintah daerah sebagai bentuk apresiasi dalam penyusunan perencanaan yang berkualitas, pencapaian sasaran pembangunan daerah, serta inovasi pembangunan yang telah dilaksanakan. Di mana, indikator inilah yang menentukan kriteria penghargaan.

Tinggalkan Balasan