Pemkot Kendari Rekrut 195 Petugas Kebersihan Kelurahan Tahun 2024

Kendari, KabarBerita.id — Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun 2023 merekrut sebanyak 195 tenaga kebersihan yang bertugas di 65 kelurahan pada 11 kecamatan se-Kota Kendari.

“Keberadaan para petugas kebersihan di setiap kelurahan dimaksimalkan dalam menangani permasalahan sampah di wilayahnya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kendari Paminuddin di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, tenaga kebersihan kelurahan yang direkrut mendapatkan upah yang layak sebesar Rp1 juta per bulan yang pembiayaannya ditetapkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Para petugas kebersihan, juga dipastikan bakal mendapatkan kenaikan upah jika berkinerja baik setelah evaluasi per tiga bulan. Ini bentuk kepedulian pemerintah kota terhadap petugas kebersihan,” ujarnya.

Petugas kebersihan yang bertugas di setiap kelurahan kata dia, bertugas mengangkut sampah dari rumah ke rumah, sehingga kebersihan lingkungan tetap terjaga.

“Kami rasa ini sangat efektif, agar mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan. Sehingga kekumuhan dan genangan air bisa dicegah, .apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Ia menjelaskan petugas kebersihan di kelurahan itu dibekali perlengkapan berupa kendaraan operasional motor pengangkut sampah.

Menurut Paminuddin, ide rekrutmen petugas kebersihan kelurahan itu muncul setelah melihat pertambahan penduduk Kota Kendari setiap tahun, yang ikut mempengaruhi volume sampah daerah atau di setiap pemukiman warga.

“Setiap hari warga Kota Kendari menghasilkan sampah sekira 250 hingga 290 ton,” katanya.

Dikatakan, pengangkatan tiga orang petugas kebersihan tersebut dibayar menggunakan APBD untuk membantu pemerintah kota dalam menangani permasalahan sampah di setiap kelurahan.

“Dengan adanya partisipasi dari masyarakat kelurahan, maka penanganan kebersihan akan lebih optimal,” katanya.

Tinggalkan Balasan