Pemerintah Kota Payakumbuh Mengirimkan 228 Jamaah Calon Haji dengan Penuh Kebahagiaan

Payakumbuh, KabarBerita.id — Suasana penuh kebahagiaan menyelimuti Balai Kota Payakumbuh saat Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Forkopimda dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) melepas secara resmi 228 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Payakumbuh di Aula Ngalau Lt. 3 Balai Kota Payakumbuh, pada Selasa (14/5/2024) pagi.

 

JCH tersebut dilepas secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, didampingi oleh Unsur Forkopimda dan Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh, H. Joben.

 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jasman memberikan pesan kepada para jamaah untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan panduan yang diberikan di Tanah Suci.

 

“Jaga kesehatan, keamanan, dan keselamatan diri. Patuhi aturan serta petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang, dan selalu berkoordinasi dengan petugas haji yang bertugas,” ujarnya.

 

Jasman juga mengajak para JCH untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah atas kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Ia menekankan bahwa masih banyak umat Muslim yang harus menunggu antrian untuk berangkat haji, bahkan hingga bertahun-tahun.

 

“Untuk sementara waktu, mari tinggalkan segala urusan dunia dan fokuskan diri pada kekhusyukan ibadah di tanah suci,” tambahnya.

 

“Pemerintah Kota Payakumbuh mengucapkan selamat kepada para JCH yang akan berangkat tahun ini, semoga bapak dan ibu menjadi haji yang diterima oleh Allah dan selamat pulang pergi,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Ketua Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh, H. Joben, yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pesantren, Jufrimal, menyampaikan bahwa Kemenag telah memberikan berbagai layanan kepada JCH Payakumbuh untuk memperlancar proses ibadah haji mereka.

 

“Kami telah menyelenggarakan bimbingan manasik haji secara tatap muka, mandiri, dan sepanjang tahun. Selain itu, kami juga menyediakan materi bimbingan haji melalui video tutorial di YouTube dan informasi penting melalui grup jamaah haji. Kami juga memberikan pembinaan kesehatan serta berkoordinasi dengan dinas terkait,” jelasnya.

 

Jufrimal juga menjelaskan bahwa JCH pada tahun ini terbagi dalam 2 kloter, yaitu Kloter X dan Kloter XVII.

 

“JCH dari Kloter X akan berangkat ke Asrama Haji Embarkasi Padang pada Rabu, (22/5/2024), dan berangkat ke Mekkah pada Kamis, (23/5/2024), dengan rencana tiba di Jeddah pada Jumat, (24/5/2024),” katanya.

 

“Sedangkan JCH dari Kloter XVII akan tiba di Asrama Haji Embarkasi Padang pada Kamis, (30/5/2024), dan berangkat ke Mekkah pada Jumat, (31/5/2024), dengan rencana tiba di Jeddah pada Sabtu, (1/6/2024),” tambahnya.

 

Jufrimal juga menyebutkan bahwa jumlah JCH pada Kloter X adalah 204 orang dan pada Kloter XVII adalah 24 orang, dengan total 228 orang terdiri dari 98 laki-laki dan 130 perempuan.

 

“JCH tertua tahun ini adalah Fauziah Darwis (79) dari Padang Tinggi Piliang, dan yang termuda adalah Agha Febriyan Ruzalyan (30) dari Padang Tiakar,” rincinya.

 

Adapun sebaran domisili JCH Payakumbuh 2024 adalah 100 orang dari Payakumbuh Barat, 76 orang dari Payakumbuh Utara, 39 orang dari Payakumbuh Timur, dan 13 orang dari Payakumbuh Selatan.

 

Selain itu, sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Payakumbuh kepada pegawainya, 25 anggota KORPRI yang menjadi JCH juga dilepas secara resmi di Aula Randang Lt. 2 Balai Kota Payakumbuh.

Tinggalkan Balasan