Pemerintah dan DPRD Kutim Hadiri Festival Bahari di Muara Gabus

Jakarta, KabarBerita.id — Pemerintah dan DPRD Kutim menghadiri dan ikut menyemarakkan acara Festival Bahari di Muara Gabus Desa Sangatta Selatan Kecamatan Sangatta Selatan, Kutim, Jumat, (8/9/2023) Pukul 08.00 Wita.

Festival Bahari merupakan gawean Lanal Sangatta yang merupakan bagian dari rangkaian HUT ke 78 TNI AL Tahun 2023.

Adapun beberapa pejabat yang hadir ialah Ketua
Team Merah Exspidisi Maritim 2023 Kolonel Marinir Maratua Velix Pacpahan, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua II DPRD Arpan, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kajari Romlan Robin, Dandim 0909/Kutim Letkol Inf Adi Swastika serta beberapa pejabat lainnya termasuk tokoh-tokoh, siswa dan mahasiswa, dan masyarakat.

Sebelum acara dimulai, tim sebelumnya melakukan penanaman pohon di kawasan kampung anyar tersebut.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin mengatakan jika Lanal Sangatta berkomitmen membangun Kutim. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kampung bahari sudah direalisasikan. Pun berbagai program membangun lainnya.

“Mari kita bersama-sama bergotong-royong untuk membangun Kutai Timur terutama di Rawa Gabus untuk kemajuan Kutai Timur ke depan,” pinta Danlanal.

Dirinya berharap agar kiranya Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang sudah mulai bertahap pembangunan tersebut berjalan lancar dan sukses. Berbagai cara dilakukan agar lokasi baru tersebut menjadi salah satu alternatif tempat wisata saat ini dan akan datang.

Diantaranya ialah menggelar Festival Bahari dengan berbagai macam acara. Seperti memanfaatkan UMKM lokal secara gratis hingga menghadirkan artis ibu kota.

“Kami bersama-sama dengan pemerintah daerah tentunya mengucapkan selamat datang tim merah yang star dari Tarakan. Selamat datang di Sangatta dan khusunya di KBN TNI Muara Gabus,” katanya.

Bupati Kutim, Drs H Ardiansyah Sulaiman memberikan apresiasi kepada Lanal Sangatta yang sudah dan terus berbuat untuk membangun dan kemajuan Kutim.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kutai Timur mengucapkan selamat datang ekspedisi maritim tim merah dari pangkalan TNI Laut Lantamal 13 Tarakan yang tadi malam sudah sampai di Sangatta dan alhamdulillah sudah berada di tengah-tengah kita bersama,” katanya.

Pemerintah Kutai Timur mengucapkan terima kasih kepada komandan Lanal (Danlanal) Sangatta karena sudah 3 KBN yang disiapkan dan dua yang sudah diresmikan.

“Kita bersyukur dalam rangka untuk memberikan layanan kepada masyarakat utamanya di bidang pengembangan ekonomi kerakyatan dan pariwisata, Lanal Sangatta terus memberikan yang terbaik buat Kutim,” katanya.

Ardiansyah Sulaiman kembali mempertegas atas nama pemerintah dan masyarakat Kutai Timur menyampaikan ucapan terima kasih kepada komandan Lanal yang sudah berbulan-bulan menyiapkan lokasi dari hutan bakau di sulap menjadi wilayah yang sangat bermanfaat.

“Insya Allah nanti ke depan berbagai jenis usaha diantaranya wisata bahari, wisata perahu untuk mengarungi kanal-kanal yang ada disini,” katanya.

Ketua Team Merah Ekspedisi Maritim 2023 Kolonel Marinir Maratua Velix Pacpahan mengucapkan rasa syukur atas sambutan Pemkab Kutim, khususnya Lanal Sangatta.

“Secara filosopi suatu ekspedisi pasti membawa nilai berharga yang diambil atau disampaikan dalam suatu perjalanan. Demikian juga dengan hal nya ekspedisi maritim tahun 2023 yang dilaksanakan TNI angkatan laut dalam rangkaian memperingati ke-78 tahun tentunya syarat akan pesan,” katanya.

Terkait dengan dalam tugas pemberdayaan wilayah pertahanan (Kewihanla) serta mendukung misi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Ekspedisi ini terbagi menjadi dua tim yaitu tim rute merah berangkat dari tarakan atau Lantamal 13 yang menyisir sisi utara dan timur Kalimantan yang kemudian akan bertemu dengan tim rute putih yang berangkat dari Pontianak atau Lantamal 12 menyisir sisi barat dan selatan Kalimantan pertemuan di balikpapan titik kumpul IKN,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan