Pemda Berau dan BMKG Kolaborasi Siapkan Sarpras Mitigasi Bencana

Berau, KabarBerita.id — Kolaborasi antara Pemerintah Daerah Berau dengan BMKG dalam menyiapkan sarana dan prasarana mitigasi bencana gempabumi dan tsunami di Kabupaten Berau.

Wilayah Berau tidak sepenuhnya aman dari potensi gempa bumi dan tsunami, sampai bulan Agustus tahun 2023, sudah tercatat 3 kali terjadi gempa bumi, yaitu pada tgl 16 Juli disekitar perairan kasai-mantaritip dengan magnitudo 3.2 kedalaman 10 km, tgl 29 Juli disekitar biduk-biduk dengan magnitudo 2.0 dan kedalaman 9 km, terbaru tgl 26 Agustus di wilayah Tabalar dengan magnitudo 3.9 dan kedalaman 10 km.

Untuk itu BMKG Prop.Kalimatan Timur yg diwakili oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kalimarau Berau (Ade Heryadi,MM) dan Kepala Stasiun Geofisika Balikapapan (Rasmid, M.Si) didampingi Sekretaris Dinas BPBD melakukan audiensi dg Bupati Berau terkait potensi gempa bumi dan tsunami di wilayah Berau, pada tanggal 20 September 2023.

Potensi gempa di Berau bisa berasal dari 3 sesar yang berada/ dekat dengan wilayah berau diantaranya
1. Sesar Sangkulirang
2. Sesar mangkalihat
3. Sesar Tarakan.

Selain sesar tadi potensi gempa bisa berasal dari subduksi di laut Sulawesi bagian Utara yang berdekatan dg wilayah Kecamatan Maratua dan kecamatan Pulau Derawan.

Tinggalkan Balasan