PDIP: Aneh Kalau Syarat Rekonsiliasi Sertakan Habib Rizieq

Jakarta, KabarBerita.id — Politisi PDI Perjuangan Zuhairi Misrawi atau Gus Mis menilai aneh jika upaya rekonsiliasi setelah Pilpres 2019 dikaitkan dengan pemberian jaminan kepulangan bagi Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Dia mengatakan Rizieq bisa pulang kapan saja.

Sebelumnya, mantan Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak menilai lebih baik rekonsiliasi juga dilakukan dengan memulangkan Rizieq dari Mekkah ke Indonesia.

“Jadi aneh saja kalau dalam rekonsiliasi itu ada poin tentang Habib Rizieq,” tutur Gus Mis usai menghadiri diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (6/7).

Gus Mis menjelaskan bahwa saat ini Rizieq sudah tidak memiliki kasus hukum di Indonesia. Karenanya, Rizieq sudah bisa pulang ke Indonesia kapan pun dia mau.

Sebelumnya, kepolisian sudah menerbitkan surat pemberhentian penyidikan perkara (SP3) untuk dua kasus yang menjerat Rizieq. SP3 diterbitkan pada 2018 lalu.

Kasus pertama yakni dugaan penistaan Pancasila yang ditangani Polda Jabar. Kasus kedua yaitu dugaan chat mesum antara Rizieq dengan Firza Husein yang ditangani Mabes Polri.

“Toh sekarang kan semuanya sudah tidak ada masalah. Habib Rizieq bisa kembali kapan saja,” ujar Gus Mis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here