Nenek Usia 107 Tahun Bagikan Tips Hidup Bahagia dan Panjang Umur

Jakarta, KabarBerita.id — Banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa bahagia dan panjang umur. Tengok saja Shirley Hodes, seorang wanita Amerika Serikat yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-107 tahun.

Pada usianya yang telah mencapai lebih dari seabad itu, Hodes masih aktif. Di salah satu panti jompo yang berada di North Carolina, ia hidup senang bersama teman-temannya di sana yang rata-rata lebih muda darinya.

“Jika Anda ingin bahagia dalam hidup, terutama seiring bertambahnya usia, Anda harus melihat hal lain selain mimpi,” ujar Hodes, melansir CNBC.

Kalimat itu keluar dari mulut Hodes mengomentari budaya Amerika yang mendorong banyak orang untuk memiliki mimpi besar dan mencapai kesuksesan.

Filosofi hidup Hodes tak main-main. Filosofi itu bisa berarti mengubah orientasi diri untuk menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil, pada sesuatu yang dapat dikendalikan.

“Anda harus puas dengan siapa diri Anda dan apa yang dapat Anda harapkan dari diri sendiri. Temukan hal-hal yang memuaskan,” ujar Hodes.

Memang menumbuhkan pola pikir seperti di atas membutuhkan usaha dan komitmen yang kuat. Namun, upaya ini bisa membuatkan hasil, yakni sikap positif yang selalu dikaitkan dengan panjang umur.

Berikut beberapa pola pikir yang perlu ditanamkan agar bisa bahagia dan panjang umur seperti Hodes.

1. Selalu bersyukur dan merasa beruntung
Salah satu pola pikir yang ditanamkan Hodes adalah tidak terlalu fokus pada apa yang dimiliki orang lain. Alih-alih demikian, ia lebih fokus pada aspek kehidupan yang disyukurinya. Hal ini mencegah rasa cemburu dan benci.

Hodes menikmati hal-hal kecil setiap harinya di panti jompo. Mendengarkan buku lewat kaset, berjalan dengan hati-hati, menonton film-film lawas, dan satu sendok es krim setelah makan malam. Dan yang terpenting adalah keluarganya.

Hodes kerap mengobrol dengan saudara perempuannya, Ruth Sweedler, yang berusia 103 tahun melalui sambungan telepon. Tak lupa juga dengan putrinya yang berkunjung beberapa kali dalam seminggu.

Dia menekankan pentingnya hubungan yang kuat untuk menjaga perasaan bahagia demi panjang umur.

2. Fokus pada hal positif
Menurut Hodes, banyak orang yang fokus pada hal-hal yang menimbulkan kekecewaan.

“Sangat buruk untuk hidup seperti itu. Anda harus berkonsentrasi pada hal positif,” ujar Hodes.

Pendekatan itu berhasil dilakukan Hodes selama beberapa dekade.

Tinggalkan Balasan