Berita  

MUI: Seruan Antihoaks Sudah Ada di Alquran

Semarang, KabarBerita.id — Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan seruan antihoaks sebenarnya sudah ada di dalam Alquran, yakni Surat An-Nur ayat 11-28 yang banyak menjelaskan mengenai larangan penebaran fitnah atau berita bohong.

“Dalam Alquran Surat An-Nur ayat 11-28 ada, dijelaskan bahwa penyebar berita bohong dinamai ‘kadzibun ifki’,” kata anggota Komisi Fatwa MUI, M Nurul Irfan usai Forum Dialog dan Literasi Media bertema “Bijak Bermedia Sosial” di Semarang, Kamis (2/11).

Menurut dia, semangat Alquran sudah sejak awal mengajak umat manusia untuk tidak menebar kebohongan atau “hoax” sebagaimana diistilahkan sekarang ini yang media atau sarananya semakin berkembang seiring kemajuan teknologi informasi.

Menyikapi maraknya hoaks yang semakin memprihatinkan, kata dia, MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 24/2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial karena sudah bersifat “urgent” dan menjadi keprihatinan bersama banyak pihak.

“Kami berusaha keras memberikan ‘guidance’ untuk menangkal berbagai konten negatif, termasuk ‘hoax’ di medsos. Ya, itulah yang mendasari MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 24/2017 sebagai panduan bermuamalah dalam medsos,” katanya.

Diakuinya, perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membuat masyarakat cenderung tidak menggunakan medsos secara bijak sehingga banyak bermunculan “hoax”, berbagai fitnah, ujaran kebencian, hingga radikalisme dan terorisme.

“Makanya, kami lakukan sosialisasi ke berbagai daerah melalui kegiatan semacam ini bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Ini penting untuk membawa generasi yang lebih baik,” pungkas Irfan.

Tinggalkan Balasan