Berita  

Milenial Habiskan Waktu 7 Jam Internet, Mayoritas Belanja Nontunai

Jakarta, KabarBerita.id — Riset yang dilakukan oleh lembaga Alvara Research Center mengatakan perusahaan perlu memahami sembilan perilaku milenial untuk bisa meraup keuntungan. Milenial diketahui sebagai generasi yang kecanduan internet hingga kerap belanja nontunai.

CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali mengatakan generasi milenial menyimpan potensi besar untuk bisnis. Pada 2020, generasi milenial akan mendominasi populasi di Indonesia dengan porsi sekitar 34 persen, diikuti 20 persen generasi X, dan 13 persen generasi baby boomers (kelahiran 1946 hingga 1964).

Perilaku pertama, generasi milenial di Indonesia sangat kecanduan internet. Dalam sehari rata-rata generasi milenial bisa menggunakan internet dengan durasi lebih dari tujuh jam.

Kedua, loyalitas generasi milenial tergolong rendah. Saat ada produk yang lebih bagus, generasi milenial dengan mudah akan berpaling.

Ketiga, mayoritas milenial lebih memilih melakukan transaksi non-tunai dengan porsi 59 persen. Hasan mengatakan pilihan inilah yang membuat milenial memiliki dompet ‘tipis’, namun bukan berarti mereka tidak memiliki uang.

“Bukan berarti tidak ada uang. Mayoritas mereka transaksi non-tunai sehingga uang bentuk fisik mereka rendah. Oleh karena itu, dompet mereka tipis,” kata Hasan saat pemaparan hasil survei di Jakarta Pusat, Selasa (9/7).

Perilaku keempat yakni generasi milenial bisa bekerja dengan lebih cepat dan cerdas lantaran didukung oleh keberadaan teknologi. Hasan mengatakan keberadaan teknologi membuat milenial memiliki akses informasi secara cepat dan luas.

Tinggalkan Balasan