Menghindari Bahaya Kesehatan: Tidak Disarankan Menggunakan Minyak Goreng yang Dipanaskan Berulang Kali

Jakarta, KabarBerita.id — Di tengah naiknya harga bahan pokok, kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang kali untuk memasak telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Namun, pertanyaannya, apakah aman bagi kesehatan untuk menggunakan minyak yang telah dipanaskan berulang kali?

 

Dalam pandangan kesehatan, penggunaan ulang minyak goreng dapat membawa risiko yang patut diperhatikan. Dokter Gizi dari Rumah Sakit Borromeus Bandung, Johanes Chadrawinta, mengingatkan akan bahayanya. Menurutnya, minyak goreng yang dipanaskan berulang kali cenderung meningkatkan kalori, kolesterol, dan asam lemak trans, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

 

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Illinois di Urbana-Champaign juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak goreng yang dipanaskan berulang kali dapat meningkatkan risiko kanker payudara metastatik. Lebih lanjut, proses pemanasan ulang minyak dapat mengubah komposisinya, melepaskan bahan kimia beracun seperti akrolein, serta menghasilkan lemak trans yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Pemanasan ulang minyak juga berkontribusi pada penumpukan radikal bebas dan zat beracun lainnya, yang dapat memicu peradangan, penyakit kardiovaskular, dan kerusakan hati.

 

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan Anda, disarankan untuk menghindari penggunaan ulang minyak goreng serta membatasi konsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan. Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang dapat disebabkan oleh penggunaan minyak goreng yang dipanaskan berulang kali.

Tinggalkan Balasan